Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Earth Hour

Garuda Indonesia Berpartisipasi dalam Earth Hour

Kompas.com - 31/03/2012, 20:10 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- PT Garuda Indonesia ikut berpartisipai dalam kampanye global Earth Hour, Sabtu (31/3/2012) malam, dengan memadamkan lampu dan peralatan listrik. Earth Hour dilaksanakan pukul 20.30 - 21.30. Aksi selama sejam ini ditargetkan menghemat tiga juta watt listrik.

Vice President Corporate Communications PT Garuda Indonesia Tbk, Pujobroto mengemukakan, Earth Hour di Gedung Manajemen Garuda Indonesia, Cengkareng, Jakarta, itu merupakan salah satu bentuk kepedulian Garuda Indonesia terhadap kelestarian lingkungan, serta perwujudan komitmen kepada pengurangan dampak perubahan iklim.

Menurut Pujobroto, tahun ini merupakan kali keempat Garuda Indonesia ikut di dalam kampanye ini sejak 2009. Earth Hour dilaksanakan malam ini Pukul 20.30 - 21.30.

Earth Hour di lingkungan Garuda Indonesia dilaksanakan dalam tiga bentuk. Pertama, pemadaman lampu selama satu jam pada bagian-bagian tertentu pada seluruh kantor perwakilan Garuda Indonesia (dan anak perusahaan) di seluruh Indonesia, lalu di kantor pusat atau Gedung Manajemen Garuda Indonesia.

Kedua, melaksanakan pemadaman pada billboard Garuda Indonesia di kantor-kantor di Indonesia seperti di Gunung Sahari, Bandara Soekarno-Hatta, dan JPO Sarinah serta beberapa titik di seluruh kota di Indonesia. Lalu, menayangkan TVC Global Hour pada kantor penjualan Garuda Indonesia dan kantor Garuda Frequent Flyer (GFF).

Ketiga, melakukan kampanye kepada seluruh karyawan dan keluarga Garuda Indonesia agar turut berperan aktif untuk mematikan lampu selama satu jam pada pukul 20.30-21.30 di rumah masing-masing.

Pujobroto mengklaim, sejak pertama kali mendukung program Earth Hour, setiap tahunnya Garuda Indonesia berhasil meningkatkan jumlah penghematan pemakaian daya listrik di lingkungan perusahaan maupun kediaman karyawan Garuda. Pada 2011, misalnya, Garuda mampu mencatat penghematan daya listrik di lingkungan perusahaan dan kediaman karyawan sebesar 2.158.527 Watt, yakni meningkat empat kali lipat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun ini Garuda Indonesia menargetkan dapat mencatatkan penghematan listrik sebesar 3 juta watt. Apabila target ini terpenuhi maka Garuda Indonesia akan memenuhi tantangan terkait lingkungan hidup lainnya, yaitu membangun jalur pedestrian di Garuda City Centre (GCC), serta membuat lubang-lubang biopori di lingkungan GCC.

Earth Hour merupakan salah satu bentuk kegiatan kampanye secara internasional untuk menarik partisipasi publik dalam upaya untuk mengurangi dampak perubahan iklim global yang semakin mengkhawatirkan. Melalui kampanye ini, masyarakat diimbau untuk melakukan pemadaman minimal satu lampu dan peralatan elektronika lainnya yang tidak dipergunakan di rumah atau di perkantoran selama satu jam, sebagai bentuk dukungan terhadap pengurangan percepatan perubahan iklim global.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com