Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Paten Berkepanjangan, Apple dan Samsung Siap Berdamai

Kompas.com - 03/04/2012, 07:14 WIB

KOMPAS.com - Apple dan Samsung dikabarkan sedang melakukan negosisasi terkait perang paten antara keduanya di beberapa negara. Tujuan negosiasi ini, menyudahi perselisihan paten yang terus menerus digugat oleh masing-masing pihak.

Kabar ini berasal dari topik utama Bloomberg Businessweek pada akhir Maret 2012 yang mengangkat cerita di balik perang paten Apple dengan sejumlah produsen Android, yakni Samsung, Motorola, dan HTC.

Editor Businessweek, Paul M. Barret yang mengutip dari seorang sumber terpercaya, menulis bahwa para eksekutif Apple dan Samsung belakangan ini sedang intens berkomunikasi untuk menyelesaikan perang paten yang tiada akhir.

Barrett pun menulis CEO Apple Tim Cook tidak terlalu bersemangat seperti pendahulunya, Steve Jobs, yang menganggap Android adalah musuh bagi Apple.

Dalam buku biografi Steve Jobs yang ditulis oleh Walter Isaacson, sang pendiri Apple ini pernah mengatakan bahwa Android adalah produk curian yang mencontek iOS. Ia pun bersedia mengeluarkan uang Apple untuk "perang nuklir" dengan para produsen Android.

Sebelum perang paten antara keduanya dimulai, para eksekutif Apple dan Samsung pernah bertemu sebanyak empat kali pada 2010. Jobs juga terlibat dalam pertemuan itu. Namun, pertemuan itu tidak menghasilkan damai dan akhirnya Apple menggugat Samsung pada April 2011.

Apple menuding smartphone dan tablet dari keluarga Galaxy mencontek desain dan nuansa iPhone dan iPad, serta meniru fitur-fitur sistem operasi iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com