Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Instagram untuk Android Lebih Baik dari iOS?

Kompas.com - 04/04/2012, 12:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Instagram telah membawa angin baru di dunia fotografi, terlebih mereka yang menggunakan ponsel untuk mengekspresikan diri. Kini, Instagram tidak lagi hanya diperuntukan di perangkat iOS, sekarang pengguna Android juga bisa menikmati aplikasi editing dan sharing foto populer ini.

Instagram untuk Android resmi dirilis pada Selasa (3/4/2012), dan bisa diunduh gratis di Google Play. Di acara South by Southwest (SXSW) di Texas, AS, Maret 2012 lalu, pendiri Instagram menjanjikan aplikasi untuk Android akan lebih baik ketimbang iOS .

Nah, seberapa baik Instagram untuk Android? Simak perbandingannya dengan Instagram untuk iOS.

Baik Instagram untuk Android maupun iOS memiliki pilihan menu yang sama. Ada home, popular, kamera, news dan profil di bagian bawah layar.

Ketika memilih menu kamera, lalu mengambil gambar dan melakukan crop, muncullah filter dan tools untuk merekayasa foto. Filter-filter Instagram yang ada di Android meliputi normal, amaro, rise, hudson, sierra, x-pro, lo-fi, earlybird, sutro, toaster, brannan, inkwell, walden, hefe, valencia, nashville, 1977, dan kelvin.

Filter yang sama persis juga ada di Instagram untuk iOS versi terkini.

Sedangkan tools untuk editing foto di Instagram untuk Android, ada rotate, brightness dan frame. Sayangnya, di Instagram untuk Android versi perdana ini belum ada tools tilt-shift, yang memungkinkan pengguna memburamkan atau membuat fokus pada titik tertentu.

Untuk membagikan foto ke situs jejaring sosial, Instagram untuk Android bisa dibagikan ke Facebook, Twitter, Foursquare dan Tumblr. Sedangkan di iOS, foto Instagram bisa dibagikan ke jejaring sosial yang lebih banyak, yakni Facebook, Twitter, Foursquare, Tumblr, Flickr, Posterous dan email.

Nampaknya, Instagram masih mengistimewakan pengguna perangkat iOS, yakni iPhone, iPad dan iPod Touch. Pengguna Android masih harus bersabar menanti hadirnya tools unggulan tilt-shift di versi berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com