Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UN Diduga Bocor

Kompas.com - 17/04/2012, 18:56 WIB
Irma Tambunan

Penulis

JAMBI, KOMPAS.com — Soal-soal ujian nasional mata pelajaran Bahasa Inggris di SMAN 7 Jambi diduga bocor, Selasa (17/4/2012) ini. Namun, pelaku pembocoran soal belum diketahui.

Informasi pembocoran soal tersebut diperoleh dari salah seorang pengawas yang tidak mau disebut namanya. Menurut dia, ada salinan kunci jawaban soal-soal mata pelajaran Bahasa Inggris.

Ketika sejumlah wartawan mengecek ke sekolah yang berlokasi di Kelurahan Ulu Gedong, Danau Teluk, itu, ditemukan dua salinan kunci jawaban di tong sampah dan salah satu sudut sekolah dalam kondisi basah dan sobek.

Lembaran kunci jawaban itu sudah sangat kotor terkena lumpur, tetapi masih bisa dilihat dengan jelas. Di lembaran itu tertulis kunci jawaban dan kode soal yang terdiri atas lima bagian. Pada bagian atas terlihat asal kunci jawaban, yang tertulis dari SMA 3 Jambi.

Jawaban yang tercantum pada lembaran tersebut mulai nomor 6 hingga 50. Menurut pengawas tersebut, lembaran itu merupakan kunci jawaban Bahasa Inggris.

"Kepala SMAN 7 Arthur menyanggah terjadi pembocoran soal UN di sekolahnya. Tidak ada soal yang bocor," ujarnya.

Dia memperkirakan ada pihak tertentu yang membuat kunci jawaban palsu dengan cara menulisnya pada selembar kertas.

Pihaknya telah mengingatkan semua siswa untuk tidak berbuat curang selama UN.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com