Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Peserta UN Meninggal Karena Sakit

Kompas.com - 17/04/2012, 21:44 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Seorang siswa peserta ujian nasional di Nias Barat Sumatera Utara yang meninggal saat pelaksanaan ujian hari pertama (16/4/2012) adalah Hendikus Hia dari SMK BNKP Sirombu, Nias Barat, yang meninggal karena sakit.

"Dia meninggal karena sakit bukan karena sedang mengikuti UN. Sewaktu pergi ke sekolah saat akan ikut ujian dia memang sudah dalam kondisi tidak sehat," kata Ketua Panitia UN Dinas Pendidikan Sumatera Utara Hendri Siregar di Medan, Selasa (17/4/2012).

Ia menceritakan, berdasarkan laporan yang diterima dari pihak sekolah, Hendikus memang sudah lama menderita sakit paru-paru dan lever. Bahkan orangtuanya sempat melarangnya untuk ikut ujian karena kondisinya lemah.

Namun karena semangatnya yang tinggi, Hendikus tetap bersikeras dan akhirnya keluarganya mengantarnya untuk ikut ujian ke sekolah. Namun, setibanya di sekolah Hendikus terlihat lemas.

Melihat kondisi korban yang lemas, keluarga dan pihak sekolah lalu membawanya ke puskesmas terdekat untuk mendapat perawatan, namun hanya sebentar dirawat Hendikus menghembuskan napas terakhirnya.

"Jadi, bukan karena UN dia meninggal, tapi memang dia sudah sakit sebelumnya. Kata keluarganya sudah lima tahun dia mengidap penyakit itu. Kami juga sudah menyampaikan kondisi itu ke Mendiknas dan menteri M.Nuh juga turut menyampaikan rasa duka citanya," katanya.

Ketika ditanya mengenai pelaksanaan UN hari kedua di Sumut, ia mengatakan, pada umumnya masih berjalan dengan baik dan normal, meski terjadi beberapa sekolah yang mengalami kekurangan naskah soal ujian.

"Tetapi itu sudah bisa diselesaikan dengan cepat, karena sesuai dengan Standar Operasional UN, kekurangan soal bisa diantisipasi dengan memfotokopinya, namun tentunya tetap di bawah pengawasan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com