Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Drive, Ancaman Serius untuk Dropbox dan Box

Kompas.com - 19/04/2012, 16:17 WIB

KOMPAS.com - Peluncuran Google Drive bisa disebut tinggal hitungan hari. Layanan penyimpanan data online atau cloud storage dari Google ini dikabarkan bakal rilis akhir April ini.

Kabar ini pun membuat khawatir Dropbox dan Box, karena keduanya akan bertemu perusahaan besar dengan segudang layanan.

Sejak mulai dikembangkan pada 2007, kini Dropbox menjadi salah satu layanan cloud paling populer. Apalagi Dropbox memiliki aksesibilitas di seluruh perangkat dan sistem operasi yang berbeda. Dari komputer pribadi hingga smartphone. Dari Mac, Windows hingga Android.

Inilah nilai lebih Dropbox, tidak seperti iCloud yang hanya melayani pengguna Mac dan iOS.

Kemudian Box, perusahaan rintisan berbasis internet (startup) yang fokus ke pasar korporasi. Perusahaan ini kerap melakukan inovasi untuk memudahkan penggunanya.

OneCloud adalah salah satu fitur unggulan yang memungkinkan pengguna melakukan sinkronisasi data aplikasi pihak ketiga pada perangkat mobile.

Menurut Andrew Reichman, analis dari Forrester, Dropbox dan Box selama ini telah memenuhi kebutuhan konsumen dan bisnis. Namun, ia berpendapat, keduanya akan segera menemui pesaing berat.

Orang dalam Google mengatakan kepada situs teknologi The Next Web, bahwa Google Drive akan memberi layanan penyimpanan data online 5GB secara gratis.

Box juga memberikan kapasitas 5GB gratis kepada penggunanya, namun Dropbox, hanya gratis 2GB.

Seperti layanan cloud pada umumnya, Google akan menerapkan sistem freemium, yang memungkinkan pengguna membayar sejumlah uang untuk menambah kapasitas penyimpanan data online.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com