Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tinggal "Google Sync for BlackBerry"

Kompas.com - 23/04/2012, 07:33 WIB

KOMPAS.com - Google mengumumkan lewat blog resmi bahwa mereka akan segera menghentikan pengembangan aplikasi Google Sync untuk BlackBerry, Sabtu (20/4/2012). Pemberhentian pengembangan itu mulai diberlakukan per 1 Juni 2012.

Ini berarti mulai 1 Juni 2012, Google Sync sudah tidak tersedia lagi untuk diunduh di toko aplikasi online BlackBerry App World.

Google Sync adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna BlackBerry mensinkronisasi daftar kontak, jadwal, dan pesan yang ada di perangkat BlackBerry ke akun Google, Gmail.

Google Sync banyak digunakan oleh pengguna BlackBerry untuk melakukan backup daftar kontak, sangat berguna bila BlackBerry-nya hilang/rusak atau saat berganti perangkat BlackBerry baru.

Namun dalam pengumumannya, Google menerangkan, pengguna BlackBerry yang telah meng-install Google Sync tetap bisa menggunakan aplikasi tersebut seterusnya. Namun, tidak akan ada update fitur atau layanan baru karena Google telah berhenti mengembangkannya.

Raksasa mesin pencari itu menyarankan, agar pengguna beralih menggunakan Google Apps Connector untuk BlackBerry Enterprise Server.

Google mengklaim, aplikasi tersebut menawarkan pengalaman yang lebih baik secara keseluruhan, karena pengguna dapat melakukan sinkronisasi email, kalender dan kontak melalui satu layanan.

Ini bukan kali pertama Google menghentikan pengembangan aplikasi untuk perangkat besutan Research In Motion. Akhir tahun 2011 Google berhenti mengembangkan GMail untuk BlackBerry, sebuah aplikasi penting yang telah digunakan banyak orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com