Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan CEO Google Tak Lagi Bergaji 1 Dollar AS

Kompas.com - 23/04/2012, 18:59 WIB

KOMPAS.com — Awalnya, gaji bos Google Eric Schmidt masih sama dengan gaji bos Apple Steve Jobs, hanya 1 dollar AS per tahun. Namun, setelah naik menjadi Executive Chairman Google, gaji Schmidt naik menjadi 1,25 juta dollar AS per tahun.

Menurut Associated Press, Eric Schmidt baru melepas jabatan sebagai CEO Google pada akhir April 2011. Jabatan tersebut kemudian diserahkan kepada CEO Google yang baru, Larry Page.

Schmidt telah menjadi bos Google selama 10 tahun terakhir meski digaji hanya 1 dollar AS per tahun sejak  2005.

Pendapatan Schmidt pada 2011 tercatat sebesar 937.500 dollar AS per tahun. Ini karena dikurangi tiga bulan pertama 2011 ketika ia masih menjabat CEO.  

Menurut dokumen yang diajukan ke US Securities and Exchange Commission (Badan Pengawas Pasar Modal), gaji sebesar itu masih ditambah dengan kompensasi yang terdiri dari bonus 6 juta dollar AS dan tunjangan senilai hampir 264.000 dollar AS.

Nilai tersebut belum termasuk dengan paket saham dan opsi saham yang nilainya mendekati 100 juta dollar AS.

Secara keseluruhan, untuk 2011, Schmidt akan menerima paket kompensasi senilai 101 juta dollar AS atau setara dengan Rp 926 miliar.

Jumlah itu meningkat 322 kali lipat dibandingkan dengan paket 313.219 dollar AS yang diterima Schmidt pada tahun 2010.

Penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) saham Google pada Agustus 2004 memang telah membuat Schmidt dan dua pendiri Google, Larry Page serta Sergey Brin, kaya raya.

Ketiganya dinobatkan sebagai multimiliarder dan masuk di daftar orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Bahkan Schmidt pun siap menjual sahamnya untuk meminimalkan dampak pasar dan untuk menambah pundi-pundi kantongnya.

Dalam peringkat Forbes terbaru, Page berada di posisi ke-39 dan Brin di posisi ke-38, dengan masing-masing kekayaannya senilai hampir 19 miliar dollar AS. Sementara itu, Forbes memperkirakan kekayaan Schmidt sekitar 7 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com