Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Akan Jual Vertu, Produsen Ponsel Termahal di Dunia

Kompas.com - 30/04/2012, 20:42 WIB

KOMPAS.com - Nokia berniat menjual anak perusahaannya di Inggris, Vertu, yang selama ini memproduksi ponsel mewah. Penjualan Vertu merupakan salah satu strategi perusahaan yang diumumkan Senin (30/4/2012).

Sebelumnya, Financial Times telah melaporkan bahwa Nokia telah melakukan pembicaraan tertutup dengan perusahaan ekuitas Permira, memperkirakan Vertu akan bernilai 265 juta dollar AS jika dijual.

Ponsel Vertu tergolong kategori ponsel mewah dengan biaya produksi mencapai 320 ribu dollar AS per unit. Besarnya biaya produksi ini karena ponsel Vertu terbuat dari logam mulia, dengan layar kristal dan kunci safir. Biaya produksi yang tinggi membuat harga jual ponsel ini menjadi yang termahal di dunia.

Awalnya Nokia berencana menjual Vertu pada Desember 2011, sesuai dengan rencana perusahaan yang tidak akan melanjutkan aset "non-core" (tidak inti). Namun rencana tersebut tertunda.

Berdasarkan laporan FT, yang dipublikasikan pada Minggu (29/4/2012), perusahaan Goldman Sachs berniat untuk memberikan saran bagi penjualan Vertu, namun hasilnya belum dipublikasikan.

Perusahaan lainnya, EQT, yang merupakan kelompok Ekuitas swasta Eropa Utara, juga telah melakukan pembicaraan untuk membeli perusahaan. Namun, tidak ada kemajuan dari proses pembelian tersebut.

Hingga berita ini ditulis, Nokia enggan memberikan komentar selama Vertu dan Permira tidak bersedia berkomentar mengenai pemberitaan ini.

Sumber : Reuters

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com