Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 8 Tak Akan Bisa Putar DVD

Kompas.com - 09/05/2012, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Berbeda dengan sistem operasi sebelumnya, Windows 7, Microsoft secara resmi mengumumkan bahwa Windows 8 tak akan dipaketkan dengan perangkat lunak standar :  Media Center. Artinya, pengguna Windows 8 tak akan bisa memutar DVD tanpa membeli perangkat lunak tambahan.

Dalam blog resmi Microsoft tentang Windows 8, tim dari Microsoft mengatakan bahwa secara global, penjualan DVD telah menurun secara signifikan dari tahun ke tahun. Di sisi lain, tim itu mengungkapkan, Microsoft perlu membayar royalti yang cukup signifikan agar bisa memutar DVD.

Untuk itulah Microsoft memilih untuk memisahkan perangkat lunak untuk pemutaran media tradisional, media optik (DVD) dan siaran televisi. Perangkat lunak yang akan dioptimalkan tim Windows 8 adalah untuk multimedia online.

Aplikasi bergaya Metro Windows 8 akan didukung oleh decoder untuk memutar video Youtube, video Netflix, Amazon video/audio, H.264 web browsing/streaming, Hulu Video, MP4 video, AVCHD video dari camcorder, ultraviolet video, dan HTML 5. Aplikasi pada Metro Style juga akan terdiri atas tambahan decoder seperti FLAC, MKV, OGG, dan lainnya.

Windows Media Player akan tersedia di semua perangkat Windows 8, tetapi tanpa fitur DVD Playback.

Keputusan ini seakan mendukung tren pada Ultrabook dan perangkat tablet yang meniadakan optical drive.

Jika pengguna ingin tetap memiliki Windows Media Center untuk memutar DVD, maka harus membeli perangkat lunak tambahan seperti dalam diagram berikut :
Windows 8

Bagi pengguna Windows 8 Pro, bisa membeli  tambahan Windows 8 Media Center Pack untuk melakukan upgrade. Sedangkan bagi pengguna Windows 8, bisa membeli tambahan Windows 8 Pro Pack.

Kedua perangkat lunak tambahan tersebut memiliki fungsi yang sama, yakni membuat pengguna memiliki media center, yang didalamnya termasuk kemampuan memutar DVD, siaran televisi yang direkam (memutar file format DBV-T/S, ISDB-S/T, DMBH, dan ATSC), serta VOB file playback.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com