Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Preview Startup Asia

Mulai Dari Nol Hingga Meraup Jutaan Dollar

Kompas.com - 09/05/2012, 15:24 WIB

Penulis: Willis Wee*

Saya selalu mengagumi wirausahawan yang berani dan bekerjakeras, dan ternyata tidak sulit menemukan orang seperti itu di Indonesia. Contohnya adalah dua orang ini, Yazid Faizin dan Pandu Wirawan. Mereka adalah pendiri Adstars, salah satu jaringan iklan mobile awal di negeri ini.

Tahun lalu, kami mengetahui, perusahaan itu menghasilkan lebih dari 500 juta impression pada iklan mereka per bulannya. Itu sungguh mengagumkan dan mereka mengaku itu diraih melalui kerja keras.

Saya juga dengar dari beberapa teman di jaringan startup bahwa, kedua orang itu sangat terobsesi dengan startup mereka; bahkan hingga lupa makan, kerja hingga badan "babak belur" tapi otak tetap prima. Memang bukan omong kosong kalau dikatakan, wirausahawan adalah juga pekerja keras.

Buat Yazid dan Pandu, inilah yang disebut sebagai "gairah untuk mendorong sesuatu lebih jauh dan jadi lebih baik." Itu sesuatu yang layak dikagumi. Tentunya, Anda tak perlu bekerja sampai sakit. Ingat ya, ini bukan sesuatu yang bisa ditiru semua orang.

Untungnya buat mereka, segala kerja keras itu membawa hasil yang menyenangkan. Hanya beberapa tahun sejak diluncurkan, Adstars sudah bisa meraup untung.

Bahkan, Saya dengar, pendapatan tahunannya sudah mencapai angka jutaan (dollar!). Meskipun, mereka tidak mau ngaku, berapa sih angka sebenarnya. Adstars sampai saat ini terus tumbuh dan bertahan. Kebanyakan orang yang Saya temui di industri periklanan Indonesia biasanya memuji-muji jaringan iklan mobile mereka.

Dengan senang hati saya kabarkan bahwa keduanya akan turut berbagi pengalaman startup mereka di acara Startup Asia Jakarta pada 7 Juni, jam 14:30 - 15:00 WIB. Sesi itu berjudul “From Zero to Millions in Revenue.”

Obrolan santai ini akan banyak memberi masukan dan juga menyenangkan bagi peserta. Yazid dan Pandu juga berencana mengungkap apa usaha mereka berikutnya di acara tersebut. Sejauh ini, mereka masih tutup mulut soal apa startup berikutnya yang akan mereka lahirkan. Tapi, melihat rekam jejak mereka selama ini, Saya sih yakin itu akan jadi sesuatu yang menarik dan membawa untung.

Sampai jumpa di Startup Asia Jakarta! Nantikan terus preview selanjutnya dari agenda kami.


*Tentang Penulis: Willis Wee adalah pendiri Tech in Asia, penyelenggara Startup Asia Jakarta. Kompas.com merupakan salah satu media partner event tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com