Blueseed, Kota Terapung ala Silicon Valley

KOMPAS.com - Blueseed adalah sebuah kota terapung yang terletak di perairan internasional, tidak jauh dari Silicon Valley, California Amerika Serikat. Namun jangan dikira ini adalah sebuah pulau kecil yang dihuni oleh orang-orang.

Blueseed rencananya akan berupa kapal tongkang atau kapal pesiar yang dirombak. Di dalamnya bakal disediakan ruang akomodasi baik ruang tamu, ruang kerja hingga fasilitas tempat hiburan.

Pengguna yang ingin merasakan fasilitas tersebut harus membayar sekitar 1.200-3.000 dollar AS per bulan. Namun tempat ini hanya berkapasitas hingga 1.000 orang saja dengan dengan awak kapal sekitar 200-300 orang.

Proyek kota terapung ini didirikan oleh Max Marty dan Dario Mutabdzija serta dipimpin oleh Co-Founder PayPal Peter Thiel. Blueseed ini akan ditempatkan di perairan internasional, 12 mil dari pantai California.

"Kapal ini juga bisa dinikmati oleh pengusaha atau startup di luar AS dan bisa bekerja di dekat Silicon Valley, tanpa memerlukan visa kerja AS," kata Peter.

Ternyata, kapal tongkang yang disulap bak kapal pesiar ini juga diminati setidaknya lebih dari 100 perusahaan teknologi internasional. Dalam riset yang dirilis oleh Blueseed, sekitar 20,3 persen berasal dari AS, 10,5 persen dari India dan 6 persen dari Australia.

Sekadar catatan, perusahaan-perusahaan yang sekarang menghuni Lembah Silikon, di antara lain adalah Adobe Systems, Apple Computer, Cisco Systems, eBay, Google, Hewlett-Packard, Intel, dan Yahoo!.

Blueseed akan diluncurkan secara resmi pada kuartal III-2013.

 

TERBARU
e-Business
Internet
Selasa, 7 Juli 2015 12.56 WIB
Kemenkominfo Siap-siap 4G LTE Tahap Berikutnya
Internet
Selasa, 7 Juli 2015 12.19 WIB
XL Kebut "Sejuta" Pelanggan 4G LTE
Gadget
e-Business
Selasa, 7 Juli 2015 10.41 WIB
Jaringan 4G LTE Smartfren Dimulai dari Batam