12 Aplikasi Kamera Terbaik di Ponsel Android


Screenshot Aplikasi Instagram untuk Android

KOMPAS.com - Android memiliki pilihan aplikasi untuk editing dan sharing foto. Namun manakah di antara ratusan aplikasi kamera, yang terbaik untuk dicoba? Jika Instagram terlalu mainstream, mungkin 12 aplikasi berikut ini bisa jadi alternatif selain Instagram.

Joshua Goldman, penulis yang mengkhususkan diri untuk membahas kamera digital dan camcorders untuk Cnet, memilihkan 12 aplikasi kamera untuk dicoba pengguna Android. Berikut penjelasannya :

1. Camera Zoom FX
1. Camera Zoom FX
Aplikasi berbayar ini bisa didownload seharga 2,99 dollar AS. Kamera ini mampu mengambil gambar dan mengedit dalam satu antar muka. Namun, jika tak ingin membayar untuk aplikasi, pengguna Android bisa mendownload aplikasi Camera360 yang tersedia gratis.

2. Little Photo

2. Little Photo
Aplikasi kamera ini gratis, namun pengguna harus membayar 3,85 dollar AS untuk menambahkan plug-in tools tambahan seperti cropping, contrast, exposure, dan saturation.

3. Pudding Camera
3. Pudding Camera
Seperti kamera Retro Urban, aplikasi kamera yang gratis ini memberikan pilihan beragam tipe kamera yang bisa dipilih oleh pengguna Android. Tipe kamera juga bisa dikombinasikan dengan tipe film, sehingga hasil foto akan berbeda-beda.

4. BeFunky PhotoEditor

4. BeFunky Photo Editor
Bagi pengguna yang hanya menginginkan foto yang terlihat lebih baik dan solid, aplikasi ini tersedia gratis. Namun bagi yang ingin hasil fotonya lebih profesional, aplikasi ini menawarkan efek tambahan dengan membayar 3,99 dollar AS untuk mendapatkan versi Pro.

5. Aviary Photo Editor

5. Aviary Photo Editor
Aviary sebetulnya bukan aplikasi. Namun pengguna Android bisa memanfaatkannya sebagai aplikasi yang terpisah. Pengguna bisa mengecek keberadaan Aviary dengan membuka foto lalu tap foto ke ikon 'share' dan klik tulisan Aviary dalam daftar. Maka pengguna akan bisa mengedit foto menggunakan opsi editing yang ditawarkan Aviary ini. Untuk pengguna yang ingin menambahkan efek, Aviary juga menyediakannya seharga 1 dollar AS.

6. PicSay Pro
6. Picsay Pro
Dengan membayar 3,99 dollar AS, beragam pilihan editing akan muncul ketika ingin mengedit foto yang telah disimpan sebelumnya. Fitur-fitur seperti Adjust, Effect, atau Stickers, dilengkapi dengan preview kecil, membuat hasil editing tak akan mengecewakan.

7. AfterFocus
7. AfterFocus
Aplikasi ini mengandalkan kedalaman atau keakuratan foto. Aplikasi ini mampu mengubah latar belakang dengan blur, atau membuat objek lebih tajam dari background, seperti yang ditawarkan kamera profesional.

8. Paper Camera
8.Paper Camera
Aplikasi ini cukup unik karena memberikan fitur editing dengan tampilan antar muka yang mirip sketsa pada kertas biasa. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengedit foto maupun video. Meski tampilannya terlihat sederhana, namun hasil akhir editing dari aplikasi ini cukup baik.

9. Fast Burst Camera
9. Fast Burst Camera
Aplikasi ini mampu menangkap 30 frame per detik, sehingga hasil fotonya bisa seperti potongan-potongan rekaman video. Setiap foto yang diambil, akan memiliki belasan hingga puluhan frame yang bisa dipilih untuk menjadi satu rangkaian foto yang cantik.

Aplikasi ini gratis untuk versi Lite, namun berbayar seharga 3,99 dollar AS untuk menambahkan flash, focus, dan digital zoom serta bisa untuk mematikan suara shutter sound yang berisik.

10. Pro HDR Camera
10. Pro HDR Camera
Aplikasi HDR (high dynamic range) pada smartphone tidak selalu menghasilkan rentang yang dinamik pada subyek dengan kontras tinggi. Aplikasi HDR mampu menyeimbangkan hal itu dengan cara mengambil beberapa foto dengan exposure yang berbeda dan mengkombinasikannya dalam satu kali edit. Namun aplikasi ini tidak cocok digunakan untuk objek yang bergerak.

11. Imageotag
11. Imageotag
Aplikasi kamera ini mampu melakukan geotagging pada setiap foto dan merekamnya. Data yang ditanamkan termasuk dari GPS yang di-embed, lokasi, accelerometer, bearing, compass, light lux, magnetic field, pitch, proximity, roll, speed, temperature, dan data waktu.

Setiap kali mengambil gambar, kamera ini akan mendeteksi lokasi pengambilan gambar. Jika pengguna mengambil gambar dengan kamera lain, foto yang telah diambil bisa dimasukkan ke aplikasi ini lalu pengguna bisa melakukan tag pada foto tentang lokasi pengambilan gambar. Foto akan bersatu dengan foto lainnya yang lebih dulu terekam dalam aplikasi ini.


12. Photaf Panorama Pro
12. Photaf Panorama Pro
Aplikasi ini bagus digunakan untuk gambar yang bergerak karena mampu menangkap benda-benda yang bergerak di sekitar foto tunggal awal. Untuk pengguna ponsel layar sentuh, hanya dengan menggerakkan ponsel, aplikasi ini akan menangkap objek yang diinginkan dengan menekan fitur 'Stitch Images'.

 

TERBARU
Gadget
Sabtu, 1 November 2014 16.02 WIB
Beginilah Aksi Kamera Putar Oppo N3
Internet
Sabtu, 1 November 2014 11.12 WIB
Google Didenda Gara-gara Belahan Dada
e-Business
Sabtu, 1 November 2014 10.01 WIB
Orang Indonesia "BBM-an" 23 Menit Per Hari
Gadget
Sabtu, 1 November 2014 09.19 WIB
Acer Obral Duo Android Liquid di Indocomtech
Gadget
TERPOPULER
Selasa, 28 Oktober 2014 10.21 WIB
Menkominfo: Internet Indonesia Sudah Kencang
Minggu, 26 Oktober 2014 17.38 WIB
Rudiantara, Menkominfo di Kabinet Kerja
Jumat, 31 Oktober 2014 14.29 WIB
Laptop Mahal Dibanting dan Diinjak di Indocomtech
Senin, 27 Oktober 2014 10.29 WIB
Mengenal Rudiantara, Menkominfo Kabinet Jokowi
Rabu, 29 Oktober 2014 12.43 WIB
Bos Xiaomi: iPhone 6 Menjiplak HTC
Selasa, 28 Oktober 2014 09.35 WIB
Onno W. Purbo Beri "PR" untuk Menkominfo
Rabu, 29 Oktober 2014 09.25 WIB
OPPO N3 Akan Dirilis, Ini Inovasinya!
Kamis, 30 Oktober 2014 14.57 WIB
Inilah Pesan Pertama yang Dikirim via Internet
Senin, 27 Oktober 2014 11.04 WIB
Ini Akun Twitter 21 Menteri Kabinet Jokowi