Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Perilaku Pembeli "Gadget" Indonesia Saat "Online"

Kompas.com - 10/05/2012, 17:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembeli Indonesia lebih mementingkan brand dan harga ketimbang performa gadget sebelum melakukan pembelian. Demikian menurut data Telunjuk.com, situs yang memfasilitasi pencarian gadget (ponsel, laptop, dan tablet).

Pengunjung Telunjuk.com diberi kesempatan untuk melakukan pencarian berdasarkan spesifikasi tertentu, misalnya ponsel dengan OS Android, ber-GPS, yang harganya di bawah Rp 2 juta. Berdasarkan data yang dimiliki tim Telunjuk.com selama bulan April 2012, tiga spesifikasi yang paling dicari pada ponsel adalah brand (21,2 persen), harga (17,9 persen) dan OS (11,9 persen).

CellphoneSearchTrendIndonesiaApril2012

Lalu brand apa sebenarnya yang paling dicari? Jawabannya adalah Samsung (29 persen), BlackBerry (18 persen) dan Sony/Sony Ericsson (15 persen).

Sementara itu, harga yang paling dicari ada pada rentang di bawah Rp 2 juta-an. OS? Tampaknya sudah sangat jelas bahwa pencarian OS didominasi oleh pengguna yang mencari perangkat ber-OS Android.

Untuk laptop, tiga spesifikasi yang paling dicari adalah harga (23,8 persen), brand (20,6 persen), dan tipe prosesor (15,4 persen). Sementara itu, urutan selanjutnya adalah ukuran laptop, sistem operasi, besar memori, dan ukuran harddisk. Secara umum, data ini menunjukkan bahwa brand laptop (terlepas dari harga) masih merupakan parameter penentu pembelian laptop.
 
LaptopSearchTrendIndonesiaApril2012

Brand yang paling banyak dicari adalah Asus (27 persen), Acer (14 persen), dan Toshiba (9 persen). Sementara itu, rentang harga yang paling banyak dicari adalah Rp 1 juta hingga Rp 3 juta-an. Untuk tipe prosesor, Intel masih sangat mendominasi tiga pencarian tertinggi secara berturut-turut, yakni Intel i5 (26,4 persen), Intel i3 (25,6 persen), dan Intel i7 (17,6 persen).

Bagaimana dengan Anda?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com