Tak Ada Perubahan Signifikan di Windows Phone Tango - Kompas.com

Tak Ada Perubahan Signifikan di Windows Phone Tango

Kompas.com - 11/05/2012, 10:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nokia baru saja merilis Lumia 610 di Indonesia pada Kamis (10/5/2012). Ini merupakan smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi mobile Windows Phone 7.5 berkode nama Tango.

Tango merupakan refresh (penyegaran) dari sistem operasi Windows Phone Mango, yang sama-sama masih berada di versi 7.5. Karena sistem operasi ini merupakan penyegaran, tidak banyak fitur baru yang dihadirkan pada Tango.

Berdasarkan pengalaman Kompas.com ketika menjajal Lumia 610, setidaknya ada 4 fitur baru yang dihadirkan.

1. Internet sharing
Windows Phone Tango menyediakan fitur personal hotspot atau populer disebut tethering, yang sebelumnya tidak tersedia di Mango. Microsoft menyebut tethering dengan Internet Sharing yang bisa diaktifkan dengan masuk ke menu setting.

2. Flip to silence
Nada dering panggilan masuk dengan suara keras terkadang membuat orang terkejut dan bingung harus melakukan apa, terlebih jika pengguna sedang berada di tengah rapat.

Dengan fitur flip to silence, pengguna dapat menghentikan nada dering yang dianggap mengganggu, misalnya saat sedang tertidur pulas. Pengguna cukup meletakkan smartphone dalam posisi tengkurap maka nada dering akan berhenti namun panggilan telepon itu tidak ter-reject.

3. Tersedia bahasa Indonesia
Tidak tersedianya bahasa Indonesia di Windows Phone Mango menjadi hal yang sering ditanyakan pengguna. Pengguna di Indonesia masih dalam tahap pengenalan dengan Windows Phone, karena itu setelah bahasa Indonesia sangat diperlukan.

Mendengar keluhan itu, Microsoft pun menghadirkan bahasa Indonesia di Windows Phone versi Mango.

4. Nokia Music
Besarnya minat masyarakat Indonesia dalam menikmati musik, dipandang Nokia sebagai strategi bisnis tersendiri. Nokia Music menghadirkan layanan download lagu gratis dan resmi selama 6 bulan.

Pengguna cukup membuka ikon Nokia Music, pilih judul lagu atau artis, dan langsung unduh. Lagu yang diunduh dari Nokia Music berformat .AAC, dengan rata-rata ukuran file 1MB sampai 2MB. File musik ini bisa disimpan tanpa batasan waktu dan bisa ditransfer ke perangkat komputer lainnya.

Secara keseluruhan, tak ada pembaruan fitur yang signifikan di Windows Phone Tango. Product Manager Nokia Indonesia Anvid Erdian, menjanjikan, pengguna Nokia Lumia 710 dan Lumia 800, bisa melakukan upgrade sistem operasi Tango pada pertengahan tahun ini.

 

EditorWicaksono Surya Hidayat