Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Bakal Sediakan Fitur Berbagi File

Kompas.com - 13/05/2012, 10:43 WIB

KOMPAS.com - Situs jejaring sosial Facebook akan menyediakan fitur berbagi file. Fitur ini memungkinkan seseorang yang tergabung dalam sebuah grup untuk membagikan file ke sesama anggota dan ke grup lainnya.

Pengguna dapat mengunggah file berkapasitas hingga 25MB. File yang dapat diunggah meliputi jenis dokumen, video, e-book dan komik.

Facebook melarang pengunggahan file jenis musik dan aplikasi berformat .EXE untuk menjaga hak cipta dan keamanan.

Juru bicara Facebook dalam sebuah pernyataan mengonfirmasi kebenaran fitur berbagi file grup Facebook ini. Namun, belum ada kejelasan soal berapa jumlah file yang dapat dibagikan, dan berapa kapasitas ruang penyimpanan data yang didapat masing-masing grup.

Ketika ada file berhak cipta yang disebarkan di grup, para pengguna dapat melaporkan file tersebut kepada Facebook.

Tak hanya file berhak cipta, pengguna juga dapat melaporkan file yang dapat mengganggu keamanan ber-internet atau yang dirasa tidak pantas seperti konten porno.

Fitur macam ini sebelumnya telah ada di akun Groups for School (Grup untuk Sekolah), di mana murid atau mahasiswa dapat membagikan file yang dirasa penting untuk diketahui teman lain.

"Kami pertama kali memperkenalkan fitur berbagi file ini beberapa bulan lalu di Groups for School. Kami akan memperluas layanan berbagi file ini," ujar juru bicara Facebook.

Fitur ini menjadikan Facebook serupa dengan layanan penyimpanan online seperti Dropbox, Google Drive, Microsoft SkyDrive dan sebagainya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com