Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Thailand Beli 400 Ribu Tablet Android untuk Pendidikan

Kompas.com - 15/05/2012, 15:02 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Thailand telah menyetujui pembelian 400 ribu unit tablet Android bermerek Scopad untuk misi edukasi.

Total anggaran yang dikeluarkan dalam proyek pengadaan tablet untuk pendidikan ini mencapai 32,8 juta dollar AS atau sekitar Rp 295,2 miliar.

Tidak seperti pemerintah India yang membeli tablet dengan harga murah 35 dollar AS bermerek Aakash, Thailand ingin membeli tablet yang lebih mumpuni untuk memastikan bahwa hardware dan software-nya mendukung kegiatan belajar mengajar siswa.

Tablet yang dibeli pemerintah Thailand adalah Scopad SP0712 yang diproduksi oleh vendor Shenzen Scope asal China. Tablet ini dihargai 81 dollar AS per unit, dengan spesifikasi layar 7 inci, prosesor 1,2GHz, RAM 1GB, memori internal 8GB dan berjalan dengan sistem operasi Android 4.0 (Ice Cream Sandwich).

Kontrak awal pembelian 400 ribu tablet Scopad SP0712 ini akan dikirimkan ke Thailand dalam waktu 90 hari, dan ditujukan untuk sekolah dasar (SD) negeri di seluruh penjuru Thailand.

Kepala Shenzen Scope Liu Jin mengatakan, Thailand adalah negara pertama di mana Shenzen Scope menyediakan tablet untuk siswa dalam jumlah besar. "Saat ini kami juga sedang bernegosiasi dengan pemerintah negara lain terkait program pengadaan tablet untuk siswa, termasuk Pakistan, Brazil dan Afrika Selatan," ujar Jin.

Program ini merupakan janji dalam kampanye sebelum pemilihan umum yang dilakukan partai Pheu Thai. Pada kontrak kedua, pemerintah Thailand akan membeli 530 ribu tablet tipe berbeda dari Shenzen Scope, yang totalnya mencapai 72,7 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com