Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Umumkan Pemenang Imagine Cup 2012

Kompas.com - 15/05/2012, 16:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Microsoft telah mengumumkan ajang kompetisi tahunan terbesar tingkat dunia di bidang teknologi informasi, Imagine Cup 2012. Pemenang utamanya akan langsung diberangkatkan ke Sydney Australia untuk bertarung di tingkat global.

Corporate Vice President Developer and Platform Evangelism Microsoft, Walid Abu Hadba menjelaskan ajang ini bertujuan mengajak seluruh pelajar dan mahasiswa di tingkat dunia untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuannya dalam menyelesaikan permasalahan dunia.

"Salah satunya dengan menciptakan inovasi teknologi yang dapat membawa perubahan positif bagi dunia," kata Walid selepas konferensi pers Final Imagine Cup 2012 di Balai Kartini Jakarta, Selasa (15/5/2012).

Untuk tahun ini, Imagine Cup mengangkat tema "Imagine A World Where Technology Helps Solve Toughest Problems". Intinya, bagaimana teknologi dapat menginspirasi solusi inovatif untuk diaplikasikan di masyarakat. Hal ini juga sekaligus menjadi jawaban atas tantangan untuk mencapai Millenium Development Goals (MDGs).

Di Imagine Cup khususnya di Indonesia tahun ini, tercatat ada 440 proposal yang masuk dari seluruh Indonesia. Pada 10 April 2012 lalu, panitia telah memilih 10 besar semi finalis dan dikerucutkan menjadi 4 karya yang masuk dalam babak final.

Pemenang ajang ini akan berangkat ke Imagine Cup 2012 Worldwide Final pada Juli 2012 ke Sydney Australia. Pada ajang tersebut akan ada 300.000 partisipan yang mewakili 9 kategori kompetisi.

"Ajang ini mulai dari tahun 2002 dan sudah ada 190 negara berpartisipasi. Kami juga menyediakan uang tunai dan dana hibah untuk ajang ini sebesar 1,75 juta dollar AS," tambahnya.

Berikut pemenang Imagine Cup 2012:
1. Tim Malabar (Institut Teknologi Telkom dan Institut Teknologi Bandung)
Tim ini membuat aplikasi Brainstat, yaitu aplikasi untuk memantau kondisi pengemudi layanan transportasi dari aktivitas gelombang otaknya.

Brainstat akan memantau tingkat kondisi fisik, fokus, mengantuk, konsentrasi, kesadaran dan stres. Brainstat akan memberikan peringatan dini bagi pengemudi, penumpang dan juga jika pengemudi mungkin bisa mengalami masalah selama perjalanan

Tim Malabar memperoleh pemenang pertama sekaligus mendapat uang Rp 15 juta dari Microsoft dan berangkat ke Sydney Australia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com