Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatuh Bangun Saham Facebook di Hari Pertama

Kompas.com - 19/05/2012, 11:41 WIB

KOMPAS.com - Facebook mulai memperdagangkan sahamnya di bursa saham Nasdaq pada Jumat (18/5/2012) waktu setempat. Di hari pertama, harga per lembar saham Facebook sempat jatuh bangun.

Situs jejaring sosial terbesar yang kini resmi jadi perusahaan publik ini, menetapkan harga saham di hari pertama sebesar 38 dollar AS. Pada awal perdagangan, saham melonjak menjadi 42,50 dollar AS dan menyentuh level tertinggi 45 dollar AS.

Namun itu tak bertahan lama karena saham perlahan menurun hingga akhirnya ditutup dengan harga 38,23 dollar AS.

Facebook, yang di bursa saham Nasdaq tercatat dengan simbol FB, telah menjual 421.200.000 saham dalam penawaran perdana kepada publik (IPO) dengan harga 38 dollar AS per lembar saham. Dengan ini, maka Facebook menggalang dana IPO sebesar 16 miliar dollar AS.

Angka sebesar itu membawa Facebook sebagai perusahaan internet dengan nilai IPO tertinggi sepanjang masa.

Facebook kini digunakan lebih dari 900 juta pengguna aktif bulanan dengan sekitar 488 juta pengguna ponsel aktif bulanan. Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu tercatat mendapat laba bersih 1 miliar dollar AS dari total pendapatan 3,7 dollar miliar AS pada 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com