Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat Cloud, Satu Kartu Grafis Bisa Dipakai Bersama

Kompas.com - 19/05/2012, 12:26 WIB

KOMPAS.com - Teknologi virtualisasi awan (cloud computing)  memungkinkan sumber daya  sebuah komputer dibagi-bagi untuk banyak pengguna. Nvidia, salah satu produsen chip pengolah grafis, komputer, memanfaatkan platform cloud untuk membuat pengolah grafis yang bisa dipakai oleh banyak orang secara bersamaan.

Platform bernama Nvidia VGX ini memungkinkan pengguna melakukan hal-hal seperti bermain game atau  menjalankan software 3D lewat smartphone sementara olah grafis dilakukan di komputer utama.  Keuntungannya, perangkat milik pengguna tidak terbebani oleh pengolahan grafis karena tugas tersebut dikerjakan oleh komputer utama dalam jaringan cloud.

Seperti dilansir oleh Reuters, Nvidia memperkenalkan platform pengolah grafis ter-virtualisasi ini pada acara GPU Technology Conference di San Jose, California, 15 Mei lalu.

"Ini merupakan pertama kalinya sebuah pengolah grafis (GPU) divirtualisasi," ucap Jen-Hsun Huang, Chief Executive dari Nvidia Corporation. "Sekarang satu GPU bisa dibagi-bagi oleh banyak pengguna."

Dalam demonstrasinya, Huang memeragakan sebuah iPad yang menjalankan desktop Windows dan bisa mengakses software grafis 3D Autodesk Maya dan Showcase.

Salah satu komponen utama dalam platform GPU ter-virtualisasi ini adalah perangkat kartu grafis Nvidia VGX Board yang dilengkapi dengan empat chip pengolah grafis dan memori sebesar 16 GB.

Sebelumnya, akses ter-virtualisasi terhadap GPU hanya bisa dilakukan secara one-to-one, di mana  satu orang remote user terhubung ke satu GPU. Dengan VGX, Nvidia memungkinkan satu GPU digunakan oleh banyak pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com