Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Masuk Bursa, Pendiri Instagram Kaya Mendadak

Kompas.com - 20/05/2012, 09:53 WIB

KOMPAS.com - Seiring masuknya Facebook ke bursa saham Nasdaq, Jumat (18/5/2012), perusahaan pembuat aplikasi editing dan sharing foto Instagram jadi kaya mendadak.

Dalam perjanjian akuisisi Facebook atas Instagram senilai 1 miliar dollar AS pada 9 April 2012 lalu, pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg berjanji untuk membeli Instagram dalam bentuk tunai 300 juta dollar AS ditambah 23 juta lembar saham.

Facebook berhasil menaikkan harga penjualan saham perdananya (IPO) menjadi 38 dollar AS per lembar saham. Ini berarti, Instagram kebagian 874 juta dollar AS berkat IPO Facebook.

Hal ini membuat harga akuisisi Facebook atas Instagram tidak lagi 1 miliar dollar AS, melainkan naik 17% dari kesepakatan awal menjadi 1,174 miliar dollar AS.

Dua pendiri Instagram, yakni Kevin Systrom dan Mike Krieger tentu senang dengan IPO Facebook, mengingat Instagram belum bisa menghasilkan uang yang berarti sejak diluncurkan pada 6 Oktober 2010 lalu untuk perangkat iOS.

Namun, uang itu belum bisa keluar dalam waktu dekat karena terikat oleh beberapa peraturan.

13 karyawan yang mengasuh Instagram saat ini tetap bekerja di kantor mereka di San Fransisco, tidak bergabung dalam markas besar Facebook di Menlo Park.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com