Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewati IE, Chrome Jadi Raja "Browser" Dunia

Kompas.com - 22/05/2012, 10:06 WIB

KOMPAS.com - Google Chrome memang telah lama diharapkan untuk bisa melampaui Microsoft Internet Explorer sebagai browser yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Di tahun ini, posisi tersebut baru tembus minggu lalu.

Lembaga riset Statcounter merilis laporan tentang browser web yang paling sering digunakan di dunia. Hasilnya, Google Chrome telah berhasil melampaui Internet Explorer untuk pertama kali di tahun ini.

Sebenarnya, akhir tahun lalu Google Chrome sempat mengalahkan Internet Explorer untuk pertama kali sebagai browser paling populer di dunia.

Chrome juga pernah menjadi browser paling populer secara global, tetapi Internet Explorer masih mendominasi penggunaan untuk browsing internet di kawasan Amerika Utara, termasuk Amerika Serikat.

statcounter

Statcounter memang merilis data tentang browser yang paling banyak digunakan pengguna web di dunia setiap minggunya.

Google Chrome juga berhasil mengalahkan Mozilla Firefox, Safari hingga Opera. Google juga mengalami kemenangan ganda karena browser bawaan di Android juga telah menyalip Opera sebagai browser paling populer untuk ponsel pada Maret 2012.

Google Chrome berkembang pesat sejak diluncurkan pada tahun 2008 lalu. Logo Chrome juga sempat berganti karena ingin menekankan semangat kecepatan dalam browsing di dunia maya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com