Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 8 di Tablet Belum Menjanjikan

Kompas.com - 25/05/2012, 16:48 WIB

KOMPAS.com - Kiprah Windows 8 di perangkat tablet diprediksi masih belum menjanjikan. Tablet hanya sebagian kecil dari penjualan Windows 8 keseluruhan.

Lembaga survei NPD DisplaySearch menyebut penjualan OS Windows 8 khususnya di tablet hanya akan mencapai 4 juta unit di tahun depan. Jumlah tersebut hanya sebagian kecil dari prediksi penjualan Windows 8 secara keseluruhan yang mencapai 184,2 juta unit di tahun 2012.

Bahkan di tahun 2014, OS Windows 8 di tablet diperkirakan hanya akan terjual sebanyak 11,6 juta unit.

"Windows 8 memang menghadapi tantangan berat melawan iOS," kata analis NPD DisplaySearch Richard Shim.

Sekadar catatan, Microsoft mematok harga cukup tinggi untuk sistem operasi Windows 8 yang rencananya akan digunakan di perangkat tablet. Harga Windows 8 khusus perangkat tablet akan dibanderol pada kisaran 90-100 dollar AS, atau hampir 1 juta rupiah.

Ini membuat original equipment manufacturer (OEM) mengalami kesulitan memenuhi target harga 300-350 dollar AS atau Rp 2,7-3,2 juta untuk tablet Windows 8  Runtime (RT) berukuran 10 inci dan  150-200 dollar AS atau Rp 1,4-1,8 juta untuk tablet 7 inci.

Windows 7 sukses

Berbeda dengan windows 8 yang sedikit tersendat dalam penjualan, OS Windows 7 terhitung cukup sukses. Saat berbicara di forum Seoul pekan ini, CEO Microsoft Steve Ballmer menjelaskan penjualan Windows 7 hingga akhir April 2011 telah mencapai 350 juta lisensi.

Bahkan penjualan tersebut tercapai hanya dalam jangka waktu 1,5 tahun saja. "Windows 7 itu luar biasa," kata Ballmer.

Kini, publik akan menunggu kecanggihan fitur Windows 8 yang dijanjikan akan dirilis akhir tahun ini. Akankah sesukses penjualan Windows 7? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com