Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Kacamata Pintar Google Dikendalikan?

Kompas.com - 31/05/2012, 11:10 WIB

KOMPAS.com — Ketika Google mengumumkan proyek kacamata pintar bertajuk Google Project Glass pada April 2012, banyak pihak bertanya-tanya bagaimana cara mengoperasikannya. Hingga kini, pihak Google belum menginformasikannya secara resmi.

Namun, sedikit petunjuk hadir dari video hasil wawancara di tayangan Current TV, antara mantan Wali Kota San Francisco Gavin Newsom dengan pendiri Google, Sergey Brin, yang membawa prototipe kacamata pintar.

Pada kesempatan itu, Brin menunjukkan salah satu kemampuan kacamata dengan mengambil foto Newsom. Kemudian Brin meletakkan jarinya ke bagian kanan kacamata, melakukan penggeseran, yang kemungkinan besar ia sedang membuka hasil foto di galeri. Tombol itu berupa trackpad yang bisa dinavigasikan dengan cara menggeser ke kanan-kiri dan atas-bawah.

Brin kemudian mempersilakan Newsom menjajal kacamata pintar. "Jangan sentuh pad (tombol) yang di samping," pinta Brin kepada Newsom.

Newsom menjadi orang pertama di luar Google yang merasakan sensasi kacamata pintar. "Gambar itu sangat jelas. Anda dengan mudah melupakan bahwa sedang memakai kacamata, dan akan merasakan kekuatannya di masa depan," tukas Newsom kepada situs teknologi Wired.

Satu petunjuk tentang cara menavigasikan kacamata Google sudah terungkap, tetapi rahasia tentang cara mengambil foto atau navigasi lain dengan gerakan mata hingga kini belum terungkap. Newsom telah menanyakan hal itu, tetapi sayangnya, Brin tidak menanggapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com