WiFi Gratis untuk Pengguna Telkomsel BlackBerry dan Flash

Dibaca:
Komentar :

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan pelanggan untuk terkoneksi dengan internet semakin besar. Untuk terhubung ke internet pun, pengguna ponsel tak ingin direpotkan dengan masalah koneksi yang lambat. Agar tak lambat yang diperlukan adalah akses internet via WiFi.

Telkomsel bekerja sama dengan Telkom menghadirkan mobile WiFi Seamless yang merupakan solusi perpindahan koneksi jaringan dari 2G/3G ke WiFi secara otomatis (auto connect) tanpa login.

Layanan ini memang masih dalam masa percobaan dan baru bisa dipakai di 6.000 titik hotspot dengan nama Flashzone maupun Flashzone-seamless. Untuk sementara, layanan WiFi gratis ini akan bisa digunakan selama 2 jam pertama saja.

"Saat jaringan 2G/3G lemot, kita bisa langsung pindah ke jaringan WiFi secara otomatis tanpa login. Ini penting khususnya saat sedang mengakses data besar di ponsel," kata Vice President Product Marketing Group Telkomsel Ririn Widaryani saat peluncuran Mobile WiFi Seamless di booth Telkomsel di Indonesia Cellular Show Jakarta Convention Center, Kamis (7/6/2012).

Perpindahan otomatis ke jaringan WiFi ini akan sangat berguna bila jaringan 2G/3G sedang lambat. Meski dengan syarat, di sekitarnya harus tersedia jaringan WiFi.

Solusi Mobile Wifi Seamless yang dapat menghubungkan jaringan 2G/3G dengan WiFi juga berfungsi sebagai jaringan seluler tambahan.

Mobile WiFi Seamless merupakan bentuk lain akses data ke jaringan mobile Telkomsel pada Node-b atau Base Transceiver Station (BTS).

"Akses ke WiFi milik Telkom ini bisa digunakan oleh semua perangkat Android, BlackBerry maupun iOS secara otomatis tanpa login (memasukkan username maupun password)," tambahnya.

Head of Broadband Product Marketing Division Telkomsel, Riny Novitriyanti menambahkan akses WiFi ini bisa langsung digunakan oleh pelanggan Telkomsel atau Telkom Group yang telah berlangganan paket Telkomsel Flash dan menggunakan perangkat yang mendukung teknologi EAP-SIM.

"Bagi yang sudah menggunakan paket internet baik Flash atau paket internet BlackBerry atau paket internet Telkomsel, akses WiFi ini gratis. Bila tidak, maka akan dikenakan tarif internet biasa yaitu tarif per Kb," tambahnya.

Telkomsel memiliki 3 macam trial layanan mobile WiFi seamless ini, yaitu layanan WiFi untuk pelanggan reguler (untuk retail), layanan untuk korporasi dan layanan untuk inbound roamer (orang asing yang berkunjung ke Indonesia) khususnya pelanggan Singapore Telecom (Singtel).

Layanan Mobile Wifi Seamless Telkomsel ini dapat digunakan oleh pelanggan yang memiliki ponsel pintar dengan teknologi Seamless WiFi atau Extention Authentication Protocol Subscriber Indentity Module (EAP-SIM).

Caranya, pelanggan harus melakukan setting pertama kali pada ponsel pintarnya dengan cara mengaktifkan WiFi dan memilih Service Set Identifier (SSID) Flashzone-seamless.

Kemudian memilih EAP-SIM sebagai Enterprise sub type. Jika sudah berada di area Flashzone seamless, pelanggan yang sudah melakukan setting device akan langsung terkoneksi ke jaringan wifi tanpa perlu login.

Layanan data pelanggan akan secara otomatis beralih ke jaringan 2G/3G apabila pelanggan sudah tidak berada di area Flashzone seamless.

"Layanan ini merupakan solusi inbound roaming seamless wifi access pertama di dunia," jelasnya.

Editor: Reza Wahyudi

 

TERBARU
Gadget
Sabtu, 22 November 2014 14.49 WIB
Minggu Depan, Smartphone Tertipis Oppo R5 bisa Dipesan
e-Business
Sabtu, 22 November 2014 12.54 WIB
Bill Gates Menyumbang Hampir Rp 70 Miliar
Hardware
Sabtu, 22 November 2014 10.49 WIB
Lenovo Dukung "Pesta" Para Kreator di Jakarta
Gadget
Gadget
Jumat, 21 November 2014 15.57 WIB
BlackBerry Rio Disiapkan Jadi Penerus Z30?
TERPOPULER
Rabu, 19 November 2014 10.58 WIB
Pidato Jokowi di APEC Jadi Video Parodi
Jumat, 21 November 2014 15.34 WIB
Ini Alasan Lihat Ponsel Tidak Boleh Menunduk
Rabu, 19 November 2014 14.56 WIB
Ahok Dilantik Jokowi, #GubernurAhok Mendunia Lagi
Senin, 17 November 2014 09.58 WIB
Begini Cara Mematikan Fitur "Read" di WhatsApp Android
Sabtu, 15 November 2014 15.06 WIB
Asyik, Fitur "Read" di WhatsApp Bisa Dimatikan
Selasa, 18 November 2014 08.05 WIB
"Password" Milik "Hacker" Top Ternyata Gampang Ditebak
Rabu, 19 November 2014 06.02 WIB
Nokia "Lahir Kembali" Lewat Tablet Android N1
Senin, 17 November 2014 10.35 WIB
Nokia Dipastikan Stop Produksi "Smartphone" Selamanya