NoLimit, Situs Monitoring Media Sosial buatan Indonesia - Kompas.com

NoLimit, Situs Monitoring Media Sosial buatan Indonesia

Kompas.com - 11/06/2012, 09:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekelompok muda-mudi dari Bandung menjadi juara III dalam kompetisi Startup Asia 2012 di Jakarta, Jumat (8//2012).  Mereka membuat situs web untuk memantau dan melihat respon publik terhadap sebuah merek, organisasi, ataupun tokoh di sosial media.

Situs tersebut bernama NoLimit, yang beralamat di www.nolimitid.com. Perusahaan rintisan berbasis internet (startup) ini didirikan pada Agustus 2010 oleh Aqsath Rasyid Naradhipa (CEO), Harimurti Prasetio (CTO), Adiska Fardani dan Anwari Ilman (Business Development).

Untuk menggunakan NoLimit, Anda harus mengintegrasikannya dengan akun jejaring sosial Facebook dan Twitter.

NoLimit tersedia dalam 2 versi, gratis dan berbayar. Versi gratis NoLimit terlihat seperti aplikasi Twitter client, di mana Anda dapat melihat secara real-time 'kicauan' (tweet) di timeline, mentions, serta menambah kanal untuk memantau suatu topik maupun akun tertentu.

Sementara untuk integrasi ke Facebook, NoLimit hanya menampilkan kanal Home dan Wall.

Anda akan mendapat fungsi NoLimit yang lebih kaya jika menggunakan versi berbayar. Versi ini benar-benar digunakan untuk memantau dan melihat respon publik terhadap sebuah merek, tokoh ataupun organisasi di Facebook dan Twitter, yang saat ini kerap digunakan untuk kampanye perusahaan.

CEO NoLimit Aqsath Rasyid Naradhipa menjelaskan, versi berbayar akan memonitor ada berapa respon positif dan negatif mengenai sebuah merek. "Sehingga klien bisa mengetahui sentimen publik terhadap produknya," ujar Aqsath.

Pemilik merek juga dapat melihat tweet apa yang paling banyak di-reply dan di-retweet oleh publik.

Selain itu, NoLimit versi berbayar juga akan menampilkan statistik demografi dari orang-orang yang merespon tweet dan status sebuah brand. Ada kolom lokasi, usia dan interest.

Pemilik merek juga dapat melakukan perbandingan dengan merek kompetitor.

Harga untuk menggunakan fasilitas NoLimit versi berbayar ini bervariasi. "Tergantung keperluan klien mau yang seperti apa, nanti akan disesuaikan harganya," tutur Aqsath. Dalam situsnya, NoLimit menyediakan beragam versi yakni edisi Event, Organisasi, UKM, Public Figure, dan Brand Komersil.

Ia menambahkan, harga minimal NoLimit berbayar adalah Rp 3 juta per bulan, sedangkan harga maksimal Rp 30 juta per bulan.

Saat ini, lanjut Aqsath, NoLimit berbayar telah digunakan oleh Garuda Food untuk Kacang Garuda, majalah Gatra untuk Gatra Kampus, Microsoft untuk Imagine Cup, dan event organizer TEDx Jakarta.

EditorReza Wahyudi
Close Ads X