'Upgrade' Android Ice Cream Sandwich Banyak Bermasalah

Oleh: Firman Nugraha*

Untuk para pengguna gadget berbasis Android baik itu smartphone ataupun tablet pasti ingin gadget-nya menggunakan sistem operasi Android versi terbaru. Namun, sayangnya untuk Android versi Ice Cream Sandwich (Android 4.0) banyak gadget yang bermasalah setelah diperbaharui sistem operasinya ke Android versi tersebut.

Beberapa gadget yang terlihat bermasalah setelah diperbarui ke Android versi Ice Cream Sandwich adalah Samsung Galaxy Note dan Acer Iconia A500.

Beberapa pengguna Samsung Galaxy Note melaporkan bahwa performa baterai Galaxy Note mendadak jadi buruk setelah pembaharuan ke Ice Cream Sandwich.

Saya sendiri punya Acer Iconia A500 setelah diperbaharui ke Ice Cream Sandwich performa keseluruhannya malah menurun yang paling jelas terlihat adalah tabletnya menjadi sering nge-lag (lambat).

Namun begitu, tidak semua gadget menjadi bermasalah setelah diperbaharui ke Ice Cream Sandwich. Rekan saya yang mempunyai tablet Asus Transformer mengatakan bahwa tidak terjadi masalah setelah tabletnya ia perbarui sistem operasinya ke versi Ice Cream Sandwich.

Sepengalaman saya, pembaruan sistem operasi Android ke versi Ice Cream Sandwich adalah yang paling bermasalah. Entah sebetulnya di mana letak permasalahannya yang membuat banyak gadget menjadi bermasalah setelah diperbarui sistem operasi Android-nya.

Untuk menggunakan gadget berbasis Android Ice Cream Sandwich, sepertinya untuk saat ini lebih aman jika membeli gadget yang dari awal sudah resmi terpasang Android Ice Cream Sandwich atau jika tahu cara mengotak-atik gadget berbasis Android bisa dengan cara menggunakan custom ROM yang bertebaran di Internet seperti di forum XDA Developers.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan ketika memperbaharui sistem operasi di gadget yang dimiliki ke versi Ice Cream Sandwich cara yang paling mudah adalah dengan mengecek review pembaharuan sistem operasi ke Ice Cream Sandwich di gadget tersebut di Internet.

Jangan langsung terburu-buru memperbarui sistem operasi di gadget berbasis Android yang dimiliki ke versi Ice Cream Sandwich.

*Firman Nugraha adalah co-founder, lead editor, dan writer di situs teknologi Tekno Jurnal.

 

Editor: Reza Wahyudi

 

TERBARU
Gadget
Rabu, 29 Juli 2015 20.23 WIB
Motorola Jadikan Moto G Terbaru Anti-Air
e-Business
Software
Rabu, 29 Juli 2015 17.39 WIB
Windows 10 Resmi Meluncur di Indonesia
e-Business
Software
TERPOPULER
Minggu, 26 Juli 2015 11.12 WIB
Ini 5 Aplikasi yang Wajib Dihapus dari Android
Kamis, 23 Juli 2015 09.05 WIB
Ketika GoPro Direbus dan Dibakar
Sabtu, 25 Juli 2015 10.58 WIB
Google dan Facebook Dukung Samsung Lawan Apple
Sabtu, 25 Juli 2015 16.04 WIB
Mobil Google Rekam Aksi Perampok Bersenjata
Kamis, 23 Juli 2015 12.07 WIB
Xiaomi Rilis Mi 4i 32 GB
Kamis, 23 Juli 2015 09.38 WIB
Google Maps Bisa Tunjukkan Jejak Perjalanan