Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gamer Mac Kini Bisa Main Bareng Gamer iPad

Kompas.com - 13/06/2012, 12:13 WIB

KOMPAS.com – Walaupun game merupakan aplikasi paling unggul dalam perangkat mobile, Apple agak jarang membicarakannya di muka umum.

Namun, pada World Wide Developer Conference 2012 (WWDC 2012) game menjadi bintang utama yang diberikan perhatian khusus oleh Apple.

Salah satunya, Apple mengumumkan dibawanya Game Center dari iOS ke OS X dan Macintosh. Hingga kini sebanyak 67 dari 100 game tingkat teratas dalam App Store menggunakan Game Center.

Apple juga akan menambahkan fitur Challenge yang memberikan tantangan dalam game dan pemainnya diberikan gelar khusus. Mirip seperti sistem Achievement pada mesin game Xbox 360.

Adanya Game Center itu berarti, gamer di Apple kini dapat bermain multiplayer antara Mac dengan Mac dan antar perangkat. Pengguna Mac dapat menggunakan fitur multiplayer ini untuk bermain melawan gamer yang menggunakan iPhone atau iPad.

Kemudian, penggunanya dapat menampilkan game yang dimainkannya ke televisi yang dilengkapi AirPlay.

Siri juga tidak ketinggalan mendapatkan fitur pendukung game. Kini Siri dapat meluncurkan aplikasi game dengan menggunakan perintah suara, seperti ”Play Temple Run.”

Selain game, bintang lain dalam WWDC 2012 adalah MacBook Pro with Retinal Display. Walaupun hanya setipis MacBook Air, ia memiliki kekuatan yang sangat besar dan layar yang mampu menampilkan resolusi 2880 x 1800!

Untuk mendukung kemampuan layar dengan resolusi besar tersebut, Apple berhasil meng-update game yang paling banyak dimainkan saat ini, Diablo III, untuk mendukung resolusi tersebut.

”Anda akan menemukan pengalaman bermain yang tidak pernah ada sebelumnya,” ujar Phil Schiller, Senior Vice President bidang marketing global perusahaan Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com