Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobile Game Sering Dimainkan, Konsol Ditinggalkan

Kompas.com - 15/06/2012, 18:03 WIB

KOMPAS.com - Developer game PopCap telah merilis hasil survei tahunan tentang konsumsi mobile game di Amerika Serikat dan Inggris. Hasilnya, jumlah orang yang bermain game mobile terus meningkat.

Developer game yang mempopulerkan game Peggle dan Plants vs Zombies ini menunjukkan bahwa peningkatan mobile game tersebut tidak hanya dalam hal jumlah pengguna. Tapi juga waktu bermain dan uang yang dihabiskan untuk membeli permainan.

Bahkan dengan penjualan smartphone dan tablet yang semakin marak, game konsol pun mulai ditinggalkan.

Berikut adalah hasil survei developer game PopCap tentang perilaku orang dalam memainkan mobile game:

1. Lebih dari 4 dari 10 orang (44 persen) yang disurvei mengatakan setidaknya pernah memainkan satu mobile game dalam sebulan terakhir, atau naik 29 persen dibandingkan setahun lalu.

2. Satu dari sembilan responden (9 persen) mengaku mulai menyukai mobile game pada setahun belakangan dan memainkan satu atau lebih mobile game di tablet yang baru saja dibelinya.

3. Jumlah orang yang memainkan game online per hari selalu meningkat, sekitar 29 persen di tahun lalu, 35 persen di tahun ini dan 45 persen di tahun depan.

Sekitar 22 persen bermain mobile game lebih dari tiga jam seminggu, dibandingkan 14 persen di tahun lalu.

4. Sekitar 36 persen pengguna mobile game memiliki tablet dan sekitar 74 persen pengguna mobile game di tablet tidak pernah memainkan game mobile sebelumnya.

"Game ponsel akan terus bersaing dengan game sosial (di internet). Ini menunjukkan bahwa tren game tidak akan berkurang," kata Vice President PopCap Dennis Ryan.

Lebih lanjut Ryan menjelaskan bahwa adopsi smartphone dan tablet dengan cepat akan mendorong perkembangan mobile game di seluruh dunia.

Bahkan, pengguna akan mulai beralih dari konten freemium menjadi konten berbayar. Tentunya, hal ini akan mendorong developer game untuk membuat game lebih baik lagi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com