Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tulisan Tangan Steve Jobs Soal Game Atari Terjual Rp 250 Juta

Kompas.com - 18/06/2012, 10:20 WIB

KOMPAS.com - Sosok pendiri Apple Steve Jobs, nampaknya masih sangat dihormati, meski ia telah meninggal dunia pada 5 Oktober 2011 lalu. Sampai-sampai ada orang yang memburu dan berani membayar mahal setumpuk memo yang ditulis sendiri oleh Jobs.

Memo yang ditulis oleh Jobs laku terjual dengan harga 27.500 dollar AS atau sekitar Rp 257 juta, melalui lelang yang diselenggarakan Sotheby's. Angka tersebut jauh di atas estimasi Sotheby's, antara 10 ribu sampai 15 ribu dollar AS.

Ketika Jobs berusia 19 tahun dan masih bekerja di perusahaan pengembang game Atari, ia pernah menulis memo untuk atasannya Stephen Bristow. Memo itu berisi perubahan dan peningkatan fungsional game arcade dari Atari berjudul World Cup Soccer. Jobs ingin game tersebut lebih menyenangkan ketika dimainkan.

Memo Steve Jobs tentang peningkatan fungsi game World Cup Soccer di Atari

Karir Jobs di Atari tidak begitu lama. Namun, Atari menjadi tempat penting di mana Jobs bertemu dengan Steve Wozniak, seorang teknisi hardware. Wozniak kemudian turut membangun Apple bersama Jobs.

Selain memo, Sotheby's juga melelang motherboard asli dari komputer Apple generasi pertama pada 1976. Perusahaan lelang itu mengestimasi motherboard bersejarah itu terjual di kisaran 120 ribu sampai 180 ribu dollar AS. Namun nyatanya, motherboard yang dirakit Wozniak itu laku terjual 374,500 dollar AS atau sekitar Rp 3,37 miliar.

Motherboard komputer Apple generasi pertama

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com