Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Apple Dukung Kim "MegaUpload" Dotcom

Kompas.com - 22/06/2012, 16:15 WIB

KOMPAS.com — Pendiri situs berbagi file MegaUpload, Kim Dotcom, mendapat dukungan dari para selebriti atas kasus pembajakan online yang saat ini masih disidangkan.

Setelah mendapat dukungan dari Kim Kardashian, Alicia Keys, dan Will.i.am "The Black Eyed Peas", kini Dotcom mendapat dukungan dari salah seorang pendiri Apple, Steve Wozniak.

Dalam perjalanan ke Selandia Baru pada Mei lalu, Wozniak berkunjung ke rumah Kim Dotcom. Keduanya pun menyempatkan diri berfoto bersama.

Dotcom mengucapkan rasa terima kasih kepada Wozniak, yang telah mendukung Electronic Frontier Foundation (EFF), sebuah organisasi yang mengadvokasi masalah teknologi dan internet. Saat ini, EFF sedang berusaha agar data pengguna MegaUpload bisa dikembalikan.

"MegaWoz. Pria hebat pendukung EFF," tulis Dotcom di akun Twitter-nya, @KimDotcom. "EFF membantu agar data pengguna MegaUpload bisa kembali. Terima kasih Woz & EFF."

Seperti diketahui, situs MegaUpload telah ditutup oleh Departemen Kehakiman AS dan FBI pada Januari 2012 karena alasan pembajakan online. FBI menyita server Megaupload yang jumlahnya cukup banyak. Dotcom beserta tiga anak buahnya ditangkap atas tuduhan pelanggaran hak cipta, pencucian uang, dan penipuan.

Mantan pebalap jalanan dan hacker itu sedang menjalani persidangan di Selandia Baru hingga Agustus mendatang untuk menentukan apakah ia akan diekstradisi ke Amerika untuk menghadapi tuduhan pembajakan online.

MegaUpload dituduh menyebabkan kerugian sebesar 500 juta dollar AS. Situs itu memiliki lebih dari 150 juta pengguna terdaftar dan 50 juta pengunjung per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com