Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Windows 8 Muncul Bareng Tablet Windows 8

Kompas.com - 25/06/2012, 09:46 WIB

KOMPAS.com - Microsoft dikabarkan bakal mendorong rilis produk-produk smartphone berbasis Windows Phone 8 pada kuartal keempat tahun ini atau berdekatan dengan waktu peluncuran Windows 8 desktop yang dijadwalkan pada bulan Oktober.

Seperti dilansir DigiTimes, vendor-vendor ponsel, seperti Nokia, HTC, Samsung, dan Huawei akan tergabung dalam  gelombang pertama produsen perangkat Windows Phone 8. Produk dari keempat produsen tersebut akan menggunakan prosesor buatan Qualcomm.

Nantinya, Windows Phone 8 akan tersedia dalam 50 bahasa dan para pengguna dari 180 negara bakal bisa mengakses toko aplikasi Microsoft.

Windows Phone 8 menggunakan inti program yang sama dengan Windows 8 versi desktop dan tablet sehingga memungkinkan pengguna untuk menjalankan satu aplikasi di beberapa platform berbeda.

Meskipun memiliki kelebihan tersebut, sejumlah vendor smartphone masih menunggu keterangan lebih lanjut dari Microsoft mengenai pembayaran royalti untuk sistem operasi baru tersebut, juga perlakuan istimewa untuk Nokia yang bisa berujung pada kompetisi yang tidak adil antara para pembuat perangkat Windows Phone 8.

Selain itu, penurunan momentum pertumbuhan dari lini smartphone Lumia milik Nokia memicu kekhawatiran dari para vendor smartphone lainnya yang mempertimbangkan untuk membuat perangkat Windows Phone 8.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com