Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
New Media

Etika Menyebar Informasi di Jejaring Sosial

Kompas.com - 28/06/2012, 04:00 WIB

Oleh: Fandy Sido 
kompasiana: afsee

Keputusan untuk membagi konten di media sosial adalah bagian padu dari apa yang disebut ”aliran” atau dalam dunia jurnalistik diumpamakan rumor. Sepenuhnya menjadi hak pembaca konten apakah membagi kepada lebih banyak orang atau tidak.

Tapi apakah kita perlu mempertimbangkan masak-masak sebelum menekan tombol share atau retweet?

Ketidaktepatan waktu atau pengambilan keputusan yang gegabah dalam pembagian konten bisa berdampak besar pada aliran informasi yang diterima masyarakat. Lantai bursa saham bisa tiba-tiba riuh ka­rena sebuah tweet, dan seorang agen federal bisa tiba-tiba menangkap seseorang karena tulisan di din­ding Facebook. Bahkan, seseorang bisa dipidanakan karenanya.

Lantas, apa yang harus dipikirkan sebelum menekan tombol share atau retweet?

• Kenali tendensi. Anda tetap harus mempertimbangkan apakah berita yang akan Anda muat pertama kali di blog publik atau bagikan melalui dinding Facebook terkait hal itu mengandung tendensi atau tidak.

• Pertanyakan motif. Sangat berguna jika Anda pertanyakan kepada diri sendiri apa motif Anda melakukan pembagian berita ini. Apakah karena publik sebaiknya tahu? Ataukah karena narasumber ingin cepat dikenal?

• Kedepankan transparansi. Cantum­kan sumber berita dengan jelas. Tulislah nama narasumber dengan lengkap jika memungkinkan.

• Cek-ulang. Jika terkait berita yang terlalu bombastis, sebaiknya lakukan pencarian informasi secara lebih detail.

Berita buruk akan selalu ada setiap hari. Tetapi, akan sedikit lebih baik jika yang mengonsumsinya adalah orang-orang yang tepat. Karena media dan jejaring sosial kastanya sudah setingkat de­ngan sumber berita arus utama, para pengguna internet dituntut untuk mengadopsi profesionalitas yang melekat pada konteks berita tertentu.

Pengguna cerdas tahu kapan harus membagikan konten, dan kapan menahan diri. [http://kom.ps/ABffek]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com