10 Aplikasi Kamera dan Edit Foto Terbaik untuk iPhone

KOMPAS.com - Menangkap momen melalui sebuah smartphone kini menjadi seni sekaligus hobi tersendiri. Keberadaan aplikasi olah foto untuk smartphone, menambah geliat fotografi dengan smartphone.

iPhone dari Apple yang menggunakan sistem operasi iOS, memiliki banyak aplikasi kamera dan editing foto yang dapat mengubah sebuah foto menjadi lebih artistik. Setidaknya, ada 10 aplikasi kamera dan editing foto terbaik untuk iPhone.

Apa saja nama aplikasi tersebut? Berikut ulasannya.

1. Instagram (Gratis)

1-instagram

Aplikasi olah foto yang paling tersohor saat ini adalah Instagram. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memberi filter-filter bergaya vintage, dan dapat pula menghasilkan efek depth of field pada foto.

Instagram juga menyediakan layanan jejaring sosial di mana pengguna bisa pamer foto dengan pengguna Instagram lainnya. Foto-foto Instagram juga bisa dibagikan ke situs jejaring sosial populer macam Facebook dan Twitter.

2. Camera+ (0,99 dollar AS)

2-camera

Camera+ merupakan salah satu aplikasi yang mengagumkan. Performanya cukup cepat, dan menyediakan banyak fitur canggih, termasuk digital zoom sebanyak 6 kali.

3. Snapseed (4.99 dollar AS)

3-snapseed

Kebolehan Snapseed sampai membuat pendiri Twitter Jack Dorsey jatuh cinta, karena ini adalah salah satu aplikasi edit foto favoritnya.

Cara menggunakan Snapseed sederhana, namun menyediakan fitur-fitur yang luar biasa karena Anda dapat melakukan seleksi bagian foto tertentu, memutar, meluruskan, membuat fokus dan lainnya.

4. Adobe Photoshop Express (Gratis)

4-adobe-photoshop-express

Adobe membawa solusi edit foto ke perangkat mobile yang diberi nama Adobe Photoshop Express. Pengguna dapat memanipulasi warna, menambah efek dan filter, crop, memutar, meluruskan dan membalik foto.

Photoshop Express menyediakan tools gratis, namun juga ada tools yang berbayar.

5. Hipstamatic (1,99 dollar AS)

5-hipstamatic

Aplikasi ini siap membuat foto digital terlihat seperti foto analog. Fitur yang disediakan berupa lensa dan efek. Foto-foto hasil olahan Hipstamatic bisa dibagikan ke situs jejaring sosial Facebook, Twitter, Flickr, Instagram dan Tumblr.

6. Photosynth (1,99 dollar AS)

6-photosynth

Anda menginginkan gambar panorama? Photosynth adalah jawabannya. Pengguna cukup mengambil gambar dengan menggerakan kamera secara berputar. Setiap frame akan terisi oleh foto tunggal. Setelah melakukan roll kamera 360 derajat, maka aplikasi ini secara otomatis menjahit foto-foto tersebut dan menghasilkan panorama 360 derajat.

Arah foto panorama yang dihasilkan Photosynth bisa vertikal maupun horizontal. Pengguna dapat membagikan foto panorama di situs Photosynth, lalu situs jejaring sosial macam Facebook dan Twitter, serta layanan pemetaan Bing Maps dari Microsoft.

7. Aviary (Gratis)

7-aviary

Aviary merupakan aplikasi edit foto yang memiliki banyak fitur untuk meningkatkan nilai artistik foto Anda.

Hanya dengan sentuhan jari, Anda dapat memberi efek-efek cantik, stiker, keseimbangan warna, memotong, memutar, menyesuaikan kecerahan, kontras, saturasi dan menambahkan teks

Ada pula tools kosmetik untuk menghilangkan titik merah di mata, menghilangkan noda dan memutihkan gigi.

8. Diptic (0.99 dollar AS)

8-diptic

Diptic memungkinkan Anda menggabung-gabungkan beberapa foto menjadi sebuah foto tunggal, dengan cara cepat dan praktis. Tak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan filter-filter ciamik.

9. Slow Shutter Cam (0.99 dollar AS)

9-slow-shutter-cam

Slow Shutter Cam membuat iPhone Anda dapat melakukan aksi yang hanya tersedia di kamera DSLR. Fitur yang ditawarkan meliputi: Innovative 'Freeze' control, Selectable shutter speeds, Exposure compensation, dan Tap to adjust exposure (tap untuk menyesuaikan eksposur).

10. Color Splash (0,99 dollar AS)

10-color-splash

Memberi warna pada bagian foto tertentu, inilah tugas utama Color Splash. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menyeleksi bagian tertentu yang ingin diberikan warna.

Ada 4 fitur proses brush (kuas) yang berbeda, yakni keras, lembut, buram, dan transparan. Foto hasil olahan Color Splash bisa dipublikasi ke Facebook, Twitter, dan Flickr.

 

TERBARU
e-Business
Sabtu, 28 Februari 2015 13.10 WIB
BlackBerry Dukung Android for Work
Gadget
Sabtu, 28 Februari 2015 12.14 WIB
Baterai Mirror 3 Bisa Penuh dalam 90 Menit Saja
e-Business
Internet
Sabtu, 28 Februari 2015 09.17 WIB
Iklan Apple Watch Ini Habiskan Rp 29 Miliar?
e-Business
Jumat, 27 Februari 2015 17.22 WIB
Google Sebut Apple Tak Bertanggung Jawab
TERPOPULER
Rabu, 25 Februari 2015 09.52 WIB
Berani "Unlock" Modem Bolt? Siap-siap Dipidana
Selasa, 24 Februari 2015 08.05 WIB
Begini Cara "BBM-an" di PC dan Tablet
Minggu, 22 Februari 2015 15.45 WIB
Pengguna BlackBerry Kini Bisa "BBM-an" di PC
Selasa, 24 Februari 2015 10.24 WIB
Arti di Balik Nama "Samsung"
Jumat, 27 Februari 2015 12.33 WIB
Dukungan untuk Ahok, dari Twitter Sampai Facebook
Rabu, 25 Februari 2015 12.22 WIB
Sony Perkenalkan Ponsel Android 4G Murah
Selasa, 24 Februari 2015 21.17 WIB
AS Pertanyakan Aturan soal "Smartphone" Indonesia
Rabu, 25 Februari 2015 08.03 WIB
Ketika Layar Xiaomi Mi4 Dijepit Kepiting