Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Investasi Kabel Laut di Malaysia

Kompas.com - 05/07/2012, 08:09 WIB

KOMPAS.com - Facebook dikabarkan telah memilih Malaysia untuk melakukan investasi pada sebuah proyek kabel bawah laut bernama Asia Pasific Gateway (APG).

Investasi tersebut terungkap saat Penyelenggara Jasa Internet Malaysia, Time dotCom Berhad, membuat laporan pada bursa saham setempat mengenai investasinya di APG.  

Proyek kabel bawah laut itu akan memberikan backbone koneksi internet dari Malaysia ke akses global. Selama ini Malaysia, seperti Indonesia, lebih banyak mengandalkan Singapura untuk koneksi internasionalnya.

Sistem sepanjang 10.000 kilometer itu akan menyambungkan Malaysia langsung ke Korea Selatan dan Jepang. Kemudian, akan ada sambungan juga ke China, Hong Kong, Taiwan, Vietnam dan Singapura.

Proyek ini ditangani oleh Global Transit, anak perusahaan Time dotCom Berhad. Selain Facebook, beberapa pihak juga berinvestasi pada proyek yang direncanakan tuntas pada 2014 ini, termasuk China Telecom.

Saiful Husni, CEO Global Transit, mengatakan sistem ini akan memberikan sambungan langsung dari Malaysia ke Amerika Serikat. "Dengan sistem ini, kami bisa mengarahkan lalu lintas data volume tinggi melalui jarngan kami langsung ke AS," ujarnya.

Seperti dilaporkan oleh CommsDay, langkah Facebook ini merupakan investasi strategis untuk memperkuat jangkauannya di wilayah Asia. Hal ini juga membuka kemungkinan Facebook untuk menggelar data center di wilayah Asia Tenggara.

Google sebelumnya telah melakukan hal serupa dengan investasi di beberapa proyek infrastruktur di Asia. Termasuk, proyek Unity dan South East Asia - Japan Cable (SJC).

Anggota konsorsium APG lainnya adalah China Mobile, China Telecom, China Unicom, Chunghwa Telecom, KT, LG Uplus, NTT Com, StarHub, Viettel dan VPNT.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com