Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Paten Apple dan Microsoft yang Dilanggar Android

Kompas.com - 06/07/2012, 08:27 WIB

KOMPAS.com — Sistem operasi mobile besutan Google, Android, dan para produsen ponselnya kerap terlibat dalam kasus hukum sengketa hak paten. Yang paling santer terdengar adalah perang paten antara Apple dan Samsung, yang berlangsung sejak 2010 di sejumlah negara.

Bukan hanya Apple yang sering menggugat, perusahaan software Microsoft pun beberapa kali menggugat produsen Android.

Sebenarnya, paten apa saja yang dipermasalahkan Apple dan Microsoft? Seorang aktivis hak kekayaan intelektual, Florian Mueller, yang memiliki blog paten teknologi FOSS Patent, membuat daftar 11 paten Apple dan Microsoft yang dianggap dilanggar oleh Android.

1. Patent EP2059868: Portable electronic device for photo management

Ini merupakan paten yang menjelaskan tentang metode geser jari untuk melihat foto-foto di Gallery. Dengan paten ini, Apple menggugat Samsung di Pengadilan Kota Den Haag, Belanda, pada 24 Agustus 2011. Apple juga menggugat Motorola Mobility di Pengadilan Daerah Munich, Jerman, pada Maret 2012.

2. U.S. Patent No. 7,469,381: List scrolling and document translation, scaling, and rotation on a touch-screen display

Pengguna Android tentu pernah menggunakan aplikasi e-mail yang jika ingin me-refresh pesan, bisa dilakukan dengan cara menggulirkan jari ke arah bawah layar sentuh smartphone. Dengan cara ini, pesan-pesan terbaru akan muncul.

Paten ini sebenarnya dimiliki oleh Apple, dan Samsung disebut menggunakannya tanpa izin. Proses peradilan soal paten ini berlangsung di Pengadilan Distrik California Utara, Amerika Serikat, dan menyatakan Samsung melanggar paten tersebut pada 2 Desember 2011.

3. U.S. Design Patent No. D618,677: Electronic device

Ini merupakan paten umum yang terkait desain iPhone. Apple berkali-kali menyebut smartphone dan tablet keluarga Galaxy menyontek desain iPhone dan iPad. Perang paten soal desain berlangsung sejak 2 Desember 2011 di Pengadilan Distrik California Utara, Amerika Serikat.

4. U.S. Patent No. 5,946,647: System and method for performing an action on a structure in computer-generated data

Pernahkah Anda menerima pesan berisi nomor kontak? Ketika nomor tersebut disentuh, Anda akan diantar ke menu untuk melakukan panggilan telepon.

Nah, paten ini adalah milik Apple, yang kemudian dilanggar Samsung dan HTC. Komisi Perdagangan Internasional Amerika Serikat menyatakan HTC melanggar paten, 19 Desember 2011. Pengadilan San Jose, California, juga menyatakan hal serupa terhadap Samsung pada 29 Juni 2012.

5. EP1964022: Unlocking a device by performing gestures on an unlock image

Membuka kunci layar dengan cara menggeser jari dari kiri ke kanan adalah cara yang lebih dulu digunakan iPhone dan telah dipatenkan oleh Apple. Bermodal paten ini, Apple menggugat Motorola Mobility di Pengadilan Daerah Munich, Jerman, pada 16 Februari 2012.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com