Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Manfaatkan Bocah 4 Tahun untuk Curi iPhone

Kompas.com - 06/07/2012, 17:23 WIB

KOMPAS.com - Seorang ibu tertangkap kamera CCTV memanfaatkan anak perempuan berusia 4 tahun untuk mencuri iPhone 4S milik penjaga toko pakaian di kota Chongqing, China. Dengan cerdik keduanya berhasil menipu karyawan toko.

Sang ibu mengalihkan perhatian karyawan toko perempuan dengan menjajal banyak pakaian yang dipamerkan. Ketika pikiran penjaga toko teralihkan, bocah 4 tahun itu berlari ke meja kasir untuk mengambil iPhone 4S dan alat pengisi baterainya. Ponsel tersebut kemudian dimasukkan ke kantung celana sang ibu, yang berhasil ditutupi oleh baju-baju yang dibawa sang ibu.

Si ibu bilang ke penjaga toko hendak menarik uang tunai di mesin ATM untuk membeli baju yang ia sukai. Namun ternyata, ia tak kembali lagi.

Selang beberapa saat, barulah karyawan toko menyadari bahwa iPhone 4S-nya hilang. Ia segera melaporkan aksi pencurian kepada pihak berwenang dan menyerahkan bukti video dari kamera CCTV. Duo ibu-anak itu sekarang sudah ditangkap untuk dimintai keterangan.

Untuk mengantisipasi aksi pencurian dan keamanan data, Apple menyediakan aplikasi Find My iPhone untuk mendeteksi keberadaan produk Apple yang hilang. Aplikasi ini berjalan di perangkat bersistem operasi iOS. Setelah meng-install, pengguna cukup melakukan sig-in dengan akun Apple ID.

Find My iPhone yang diaktifkan pada pengaturan iCloud, akan menampilkan peta lokasi keberadaan perangkat Apple yang hilang. Pengguna juga bisa membuat perangkat yang hilang itu mengeluarkan suara dengan volume penuh selama 2 menit, mengunci dari jarak jauh, atau menghapus data yang ada di perangkat agar tak disalahgunakan oleh pencuri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com