Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rilis Laptop Tipis AMD, Samsung Incar Pasar "5-7 Jutaan"

Kompas.com - 11/07/2012, 08:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari total pasar notebook sebesar 3,8 juta unit pada tahun ini, sekitar 40 persen di antaranya adalah  produk dengan harga kisaran antara Rp 5-7 juta.

Hal tersebut diungkapkan oleh IT Business Head Director Samsung Electronics Indonesia Suung Khiun pada acara peluncuran laptop Ultrathin Samsung di Jakarta, pada Selasa (10/7/2012).

"Samsung melihat ada opportunity besar di segmen pasar ini (laptop seharga 5-7 juta), karena itu kami meluncurkan produk seperti Series 5 Ultrathin," ujar Khiun, mengacu pada laptop tipis Samsung yang dibanderol seharga Rp 6,8 juta.

Khiun mengatakan, kebanyakan notebook tipis memiliki harga di atas 8 juta rupiah. "Masalahnya, harga itu terlalu tinggi untuk konsumen yang menginginkan laptop tipis."

Menurut Khiun, seri notebook "Ultrathin" Samsung yang berbasis prosesor AMD menawarkan kinerja yang tak kalah tinggi dibandingkan laptop tipis lain tetapi memiliki harga lebih terjangkau. Samsung berharap bisa menarik hati konsumen dengan lini produk ini. "Indonesia masih price sensitivie," lanjut Khiun.

"Ultrathin" notebook Series 5 dari Samsung memiliki layar 13,3 inci dan hard disk konvensional, tanpa optical disc drive. Alasannya, jelas Khiun, tak lain adalah untuk menekan harga. "Biarpun tak dilengkapi SSD, Ultrathin ini tetap kencang dengan instant-on 2 detik dan booting time yang singkat,"
imbuh Khiun.

Dia mengatakan, Samsung juga akan merilis notebook Ultrathin 14 inci yang dilengkapi optical drive untuk mengakomodir kebutuhan pengguna yang memerlukan pembaca CD/ DVD.

Samsung adalah pemain baru di bisnis komputer notebook. Perusahaan yang belum genap 2 tahun terjun ke pasar notebook ini sedang berusaha meningkatkan brand awareness konsumen terhadap lini produk notebook miliknya.

Di luar itu, Khiun mengatakan bahwa Samsung tak memiliki kesulitan membuat notebook untuk pasar Indonesia. Sebabnya, perusahaan ini mampu memproduksi sendiri hampir seluruh komponen yang diperlukan  mulai dari layar, optical drive, hingga hard disk. Lini produk pun disebutnya lengkap, dari netbook sampai laptop high-end.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com