Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Domain, Pengunjung Kaskus Sempat Anjlok

Kompas.com - 12/07/2012, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaskus mengalami masalah dengan Domain Name Server (DNS) sejak 26 Mei lalu, yang membuat situs web komunitas online ini tidak bisa diakses dengan alamat www.kaskus.us.

Hal ini membuat jumlah kunjungan ke Kaskus anjlok hingga 70% dalam sepekan pertama.

Chief Technology Officer Kaskus, Andrew Darwis mengatakan, biasanya Kaskus dibanjiri 2.500.000 kunjungan per hari. Karena masalah domain .us ini, peringkat Kaskus turun drastis ke peringkat 19 juta di dunia, menurut data situs web analisis Alexa.com.

"Kami kurang tahu waktu itu Kaskus ada di posisi berapa di Indonesia, yang jelas tidak masuk 50 besar menurut data Alexa," kata Andrew.

Masalah ini diakui Andrew tidak terlalu berdampak pada bisnis iklan, yang selama ini jadi sumber pendapatan utama Kaskus. "Para pengiklan memang menanyakan trafiknya yang turun. Akhirnya kita kasih perpanjangan hari untuk mereka pasang iklan," jelas Andre.

Selama kurang lebih 3 pekan, tak sedikit pengguna Kaskus yang belum mengetahui bahwa situs favoritnya berganti alamat domain jadi www.kaskus.com dan www.kaskus.co.id. Kaskus pun gencar melakukan edukasi mengenai domain baru mereka melaui media sosial.

"Untungnya, pengguna Kaskus itu loyal. Jadi jumlah kunjungan Kaskus bisa naik lagi dengan cepat," tambahnya.

Saat ini Kaskus sudah menempati posisi lamanya di Alexa, yakni posisi 7 situs web paling banyak dikunjungi di Indonesia. Selain menggunakan domain .com dan .co.id, Kaskus juga berencana memakai domain .id.

Domain .us akan tetap digunakan, namun butuh waktu lama untuk merealisasikannya, mengingat ada regulasi yang menyatakan hanya perusahaan asal Amerika Serikat sajalah yang boleh menggunakan domain .us.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com