Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 8 Versi Utuh Tak Bakal Tersedia dalam DVD?

Kompas.com - 17/07/2012, 13:33 WIB

KOMPAS.com - Sistem operasi Microsoft Windows biasanya tersedia dalam beberapa versi seperti "Basic", "Professional", atau "Ultimate" yang bisa dibeli dalam bentuk DVD retail full-box.

Di masa depan kemungkinan hal tersebut tak akan berlaku lagi karena Microsoft berencana untuk merampingkan sistem operasi terbarunya, Windows 8, dengan hanya menyediakan pilihan versi terbatas.

Seperti dilansir oleh The Verge dari Insideris.com, saat dirilis pada Oktober nanti, Windows 8  dikabarkan tak akan tersedia dalam paket retail full-box, melainkan berupa DVD upgrade dan "System Builder Kit".

Apa bedanya? DVD retail full-box merupakan paket sistem operasi utuh yang bisa dipasang pengguna pada komputernya, baik baru maupun lama. Sedangkan versi updgrade mensyaratkan adanya sistem operasi sebelumnya.

Paket DVD Windows 8 upgrade ditujukan bagi pengguna Windows versi sebelumnya yang ingin mencicipi sistem operasi baru tersebut, sementara paket System Builder Kit tak lain merupakan paket OEM Windows 8  yang dimaksudkan untuk perakit PC yang ingin melakukan clean-install Windows.

Selama ini, tak seperti paket retail full-box, paket OEM datang tanpa dukungan support via e-mail dan telepon dalam jangka waktu 90 hari setelah aktivasi. Harganya juga lebih murah.

Sebagai perbandingan,  paket full-box (retail) Windows 7 Professional dibanderol seharga 299 dollar AS, sementara paket OEM Windows 7 Professional cukup ditebus dengan 134 dollar AS.

Harga paket OEM Windows 8 masih belum diketahui, tetapi harga paket upgrade DVD disinyalir berkisar di angka 40 dollar AS.

Windows 8 hanya terdiri atas 2 versi: Windows 8 dan Windows 8 Pro. Selain melalui DVD, pengguna  Windows XP, Vista, dan 7 dapat melakukan upgrade ke Windows 8 Pro lewat Internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com