Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Review

Xperia Neo L, Ponsel Sony Rasa Android "Es Krim"

Kompas.com - 22/07/2012, 14:43 WIB

SonySony Xperia Neo L

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah bercerai dengan Ericsson, dan sepenuhnya lepas dari bayang-bayang Ericsson, Sony cukup agresif menghadirkan smartphone Xperia, tak terkecuali di Indonesia.

Sony menyebut dirinya hanya bermain di segmen menengah ke atas dan fokus memproduksi smartphone Android.

Salah satu smartphone kelas menengah Sony yang baru saja masuk Indonesia, adalah Experia Neo L. Ini adalah smartphone Xperia pertama yang berjalan dengan sistem operasi Android 4.0 alias Ice Cream Sandwich.

Xperia Neo L

Desain

Desain Xperia Neo L mirip dengan Sony Ericsson Xperia Play. Sekujur tubuh Neo L diselimuti material plastik glossy. Sayangnya, material ini membuat permukaan Neo L terasa licin ketika digenggaman.

Di sisi kiri tersedia port MicroUSB. Ada 4 tombol fisik di bawah layar, meliputi tombol back, home, menu dan search. Tombol fisik lainnya ada di sisi kanan, yakni tombol power dan pengatur volume. Tombol-tombol ini berukuran kecil dan tipis, tidak nyaman ketika ditekan. Daya pantul tombol juga kurang mantap.

Xperia Neo L terlihat keren jika dipandang dari depan. Setiap lekukan memunculkan kesan elegan. Namun jika dilihat dari belakang, ada sesuatu yang ganjil di bagian atasnya. Keganjilan ini disebabkan oleh port jack audio 3,5 yang menjorok ke luar.

Xperia Neo L - tampak belakang

Panel belakang Neo L bisa dibuka. Slot kartu SIM terhalang oleh baterai, dan slot kartu MicroSD berada di bawah kartu SIM. Anda harus melepas baterai terlebih dahulu jika hendak membuka-pasang kartu SIM dan memori MicroSD.

Performa

Xperia Neo L dipersenjatai prosesor Qualcomm MSM8255 Snapdragon kecepatan 1GHz, RAM 512, dan telah menggunakan sistem operasi Android 4.0 (Ice Cream Sandwich). Unit prosesor grafis Andreno 205 cukup mengangkat kinerja grafis smartphone ini.

Untuk memainkan game semacam Angry Birds Space atau Fruit Ninja, Neo L mampu menjalankannya dengan lancar. Untuk ukuran smartphone Android seharga Rp 2,5 juta, secara keseluruhan Xperia Neo L cukup memuaskan.

Layar Neo L seluas 4 inci dan beresolusi 480 x 854 pixel ini, merespon sentuhan dengan 4 jari bersamaan. Audio yang dihasilkan dari Neo L terbilang biasa saja. Karakter audionya treble, sehingga unsur bass-nya tidak terasa.

Speaker-nya berada di belakang, tepat di sebelah kiri kamera. Ketika musik dimainkan, lalu Anda meletakkan Neo L di meja dalam posisi layar di atas, maka suara musik yang keluar sangat kecil karena tak ada ruang bagi speaker untuk mengeluarkan suara.

Kamera

Bukan Sony namanya jika tak membekali smartphone-nya dengan kamera berkualitas. Kamera Neo L bersensor 5MP dan disertai LED Flash. Fitur kameranya meliputi auto focus, white balance, night mode, exposure, dan flash. Fitur touch focus absen dari kamera Neo L.

Halaman:
Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com