Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Siapkan Fitur Unduh "Kicauan" Lama

Kompas.com - 25/07/2012, 16:21 WIB

KOMPAS.com - Situs mikroblog 140 karakter Twitter sedang menyiapkan sebuah tool atau fitur yang memungkinkan pengguna mengunduh semua kicauannya di masa lalu. Meski demikian pengguna Twitter harus sedikit bersabar karena belum ada kepastian kapan fitur ini dirilis.

"Kami sedang membuat tool yang memungkinkan pengguna mengambil seluruh tweet mereka. Anda akan dapat mengunduh seluruh file tersebut, ," kata CEO Twitter Dick Costolo kepada The New York Times, Selasa (24/7/2012).

Tool "unduh tweet" ini sangat dinanti para pengguna Twitter karena selama ini untuk mencari atau sekadar membaca tweet-tweet lama bukanlah pekerjaan yang mudah.

Jika kelak fitur ini telah dirilis, Costolo melanjutkan, pihak Twitter tentu saja tak mengizinkan pengguna untuk mengakses seluruh kicauan dari pengguna lain. Twitter tetap menjaga privasi penggunanya.

Prinsip menjaga privasi pengguna inilah yang membuat Twitter digugat oleh pemerintah Negara Bagian New York, karena tak mau menyerahkan sejarah kicauan aksi protes politik para aktivis Ocuppy Wall Street.

Pengguna Twitter saat ini hanya bisa mencari beberapa ribu kicauan terakhirnya. Twitter belum seperti Facebook yang telah memfasilitasi pengguna untuk mengunduh seluruh data lama mereka.

Beberapa situs pihak ketiga, sebenarnya mampu menampilkan kicauan-kicauan lama pengguna Twitter. Namun, cara mengaksesnya terbilang sulit. Situs Politwoops, misalnya, hanya memungkinkan pengguna melihat kicauan orang-orang tertentu, seperti politisi asal Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com