Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Facebook Turun Tajam

Kompas.com - 29/07/2012, 03:25 WIB

Dua bulan setelah mencatatkan diri di bursa, yang mendapat pemberitaan besar-besaran, saham penyedia layanan media sosial Facebook turun tajam.

Di sesi perdagangan awal, saham Facebook turun hampir 15%, setelah Facebook mengumumkan penerimaan perusahaan yang dinilai mengecewakan.

Sebelumnya pada hari Kamis (26/7) saham Facebook melemah 8%.

Dalam laporan penerimaan perusahaan sejak resmi menjual saham dengan nilai total 100 miliar dollar AS , Facebook mengumumkan kerugian hampir 160 juta dollar AS.

Para analis mengatakan para investor khawatir dengan berbagai laporan bahwa pertumbuhan Facebook melambat.

Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa pengguna aktif Facebook mencapai 955 juta, namun beberapa pihak meragukan akurasi data karena diketahui ada sejumlah pengguna palsu.

Jumlah orang yang menggunakan Facebook setiap hari melalui perangkat bergerak seperti telepon genggam dan tablet naik 67% per tahun menjadi 543 juta pengguna.

Namun sejauh ini Facebook belum juga menemukan cara bagaimana mendongkrak keuntungan karena makin banyak pengguna yang mengakses Facebook melalui telepon genggam, bukan melalui komputer.

"Bagi kami, hasil ini tidak jelek tidak pula bagus," kata Mark Mahaney, analis di Citi.

"Yang terpenting bagi Facebook adalah bagaimana mereka bisa memaksimalkan keuntungan dari situs Facebook versi telepon genggam," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com