Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Charge" Laptop Bakal Bisa Pakai Kabel USB

Kompas.com - 30/07/2012, 11:29 WIB

KOMPAS.com Tak lama lagi, bukan hanya smartphone dan gadget saja yang baterainya bisa diisi lewat kabel USB.

Sebuah standar USB 3.0 baru yang tengah disiapkan kabarnya akan meningkatkan jumlah daya yang bisa dialirkan lewat kabel data ini. Besarannya mencapai 100 Watt, cukup untuk mengisi baterai perangkat besar seperti notebook.

Hal ini disampaikan dalam pengumuman Grup Promotor USB 3.0—yang terdiri dari Hewlett Packard, Intel, Microsoft, Renesas, ST-Ericsson, dan Texas Instruments—bertanggal 18 Juli 2012.

Angka tersebut jauh lebih besar dari daya maksimum yang bisa ditransmisikan lewat kabel USB 3.0 yang telah ada, yaitu 4,5 Watt. Adapun kabel USB 2.0 hanya sanggup menyalurkan listrik hinga 2,5 Watt. Soal transfer data, USB 3.0 memiliki kecepatan 5 Gbps.

Standar kabel USB 3.0 baru ini akan menawarkan enam profil berbeda berdasarkan jumlah daya yang bisa disalurkan. Besarannya mulai 5V/2A hingga 12V atau 20V/5A (100 Watt).

Kabel USB 3.0 nantinya bisa dipakai untuk menggantikan fungsi charger pada laptop. Akan tetapi, dilihat dari sejarah USB 3.0 yang kali pertama diperkenalkan pada 2008 dan baru mulai diterapkan sebagai fitur standar beberapa tahun kemudian, sepertinya kemunculan kabel baru ini masih akan tertunda beberapa lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com