Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Geopolitik

Palestina Berang Terhadap Romney

Kompas.com - 31/07/2012, 09:09 WIB
Simon Saragih

Penulis

JERUSALEM, KOMPAS.com — Palestina berang atas pernyataan Mitt Romney, yang menyimpulkan bahwa Israel dan Yahudi lebih superior dari Palestina.

Ditambahkan berbagai fakta menyebutkan bahwa keunggulan Israel nyata. Pernyataan ini membuat Palestina berang.

Saeb Erekat, anggota staf senior yang dekat dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, kepada kantor berita Associated Press mengatakan, pernyataan Romney berbau rasisme.

Erekat menambahkan, Romney tidak menyinggung betapa tindakan Israel yang melakukan pendudukan berperan besar terhadap perekonomian Palestina.

Erakat pun menegaskan bahwa Romney memperlihatkan bahwa dia tidak tahu soal sejarah dan perkembangan tahun demi tahun yang terjadi akibat tindakan Israel terhadap Palestina.

Hal senada dikatakan Menteri Tenaga Kerja Palestina Ahmed Majdalani. "Pernyataan Romney menyiratkan semangat rasisme. Jika Romney berkunjung ke Israel untuk meraih simpati dan dukungan pemilih Yahudi di AS, itu bisa dia lakukan tanpa menyakiti hari orang Palestina."

Romney berkunjung ke Israel, tidak lepas dari dukungan dana Yahudi yang menjamu dia di Jerusalem hari Minggu (29/7/2012).

Menurut harian The Washington Post, edisi Senin (30/7/2012), salah satu keturunan Yahudi AS yang menyumbang untuk pendanaan pemilu bagi Romney adalah Sheldon Adelson, raja kasino Las Vegas, yang menyatakan akan memberi sumbangan 100 juta dollar AS bagi Romney.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com