Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Juara "Tweet" Sedunia, Bandung Peringkat Ke-6

Kompas.com - 31/07/2012, 17:36 WIB

KOMPAS.com — Jumlah pengguna jejaring sosial Twitter telah mencapai 517 juta akun dari seluruh dunia. Angka ini merupakan perhitungan jumlah pengguna Twitter hingga bulan Juni.

Ada yang menarik dari data yang dirilis oleh lembaga pemantau media sosial Semiocast ini. Ternyata, ada dua kota di Indonesia yang masuk 10 besar kota paling aktif dalam hal tweet.

Ibu kota Indonesia, Jakarta, tercatat sebagai kota dengan pengguna yang paling aktif nge-tweet sedunia. Adapun Bandung masuk urutan keenam.

Semiocast mencatat terdapat 10 miliar tweet selama Juni 2012 dan sekitar 2,3 persen di antaranya dilakukan oleh para pengguna Twitter di Jakarta. Bandung yang berada di tempat keenam unjuk gigi dengan capaian sekitar 1,2 persen.

"Prestasi" yang diraih Jakarta dan Bandung sangat mengejutkan karena sebenarnya Indonesia bukanlah negara terbesar pengguna Twitter.

Indonesia hanya menempati peringkat kelima terbanyak dengan jumlah 29,4 juta akun Twitter.

Amerika Serikat dan Brasil menjadi dua negara tebanyak yang memiliki akun Twitter. Di AS, terdapat sekitar 140 juta akun dan Brasil mencapai lebih dari 40 juta akun.

Amerika masih merupakan pengirim "kicauan" terbesar, dengan 25,8 persen pesan disampaikan dari Amerika Serikat, disusul Jepang dengan 10,6 persen.

 

twitter_jakarta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com