Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netanyahu Bantah Konflik dengan Militer Soal Iran

Kompas.com - 01/08/2012, 09:04 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan stasiun TV Israel, Channel 2 , Selasa (31/7), bahwa ia masih membahas apakah akan menyerang instalasi nuklir Iran atau tidak. Dalam wawancara itu, ia juga meremehkan laporan bahwa para petinggi militer tidak mendukung serangan terhadap Iran.

Ia mengatakan "Israel tak bisa mengandalkan orang lain" saat berurusan dengan ancaman Iran. Ia membantah laporan sebelumnya yang menyatakan bahwa jajaran pejabat militer Israel menolak  kemungkinan untukmelakukan serangan terhadap Iran.

"Di Israel, jajaran politik membuat keputusan dan jajaran operasional melancarkannya," kata Perdana Menteri itu.

Menurut laporan harian Yediot Aharonoth, Selasa pagi, para pejabat di Washington baru-baru ini menyatakan bahwa eselon senior dalam keamanan Israel menentang operasi yang takkan melibatkan Amerika Serikat. Laporan itu, yang mengutip sejumlah sumber tanpa nama AS, menyatakan Panglima Angkatan Bersenjata Israel, Kepala Dinas Intelijen Militer, Panglima Angkatan Udara, Kepala Mossad keberatan terhadap serangan militer Israel terhadap Iran jika tanpa dukungan AS.

Para petinggi senior militer Israel yang lain telah mendapat serangan karena secara terbuka mengecam pernyataan pemerintah tentang Iran. Mantan direktur Mossad, Meir Dagan, dan mantan pemimpin Shin Bet, Yuval Diskin, sebelumnya telah memperingatkan serangan tanpa dukungan AS hanya akan membuat program nuklir Iran mundur beberapa tahun. Serangan itu juga bisa memicu konflik kawasan dengan konsekuensi bencana bagi Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com