Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Tambah Jajaran Laptop "Kekar" di Indonesia

Kompas.com - 03/08/2012, 07:44 WIB

LenovoLenovo ThinkPad X230

KOMPAS.com - Lenovo menghadirkan 4 varian terbaru laptop dari keluarga ThinkPad, yang sudah dikenal luas sejak dulu, terlebih oleh kalangan pebisnis dan profesional TI. Desain body yang solid dan kekar masih dipertahankan pada laptop ThinkPad.

ThinkPad yang dihadirkan kali ini masih mengincar segmen korporat dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Ada ThinkPad T430 dan X230 untuk segmen korporat. Keduanya dihargai Rp 15,9 juta.

Sedangkan yang untuk UKM, ada ThinkPad Edge E430 dan Edge E130, masing-masing dihargai Rp 6,8 juta dan 5,9 juta.

"Semua varian baru laptop ThinkPad ini telah menggunakan prosesor Inter Core i generasi ketiga, kode nama Ivy Bridge, yang performanya jelas lebih cepat," kata Manager Teknik Lenovo Indonesia Azis Wonosari di Jakarta, Kamis (2/7/2012).

Secara teori, Intel mengklaim performa Ivy Bridge lebih cepat 20% ketimbang prosesor generasi sebelumnya, Sandy Bridge. Begitupun dengan performa grafis yang lebih cepat 60%.

Azis menambahkan, keyboard dari semua varian ThinkPad ini menggunakan model baru. Lenovo masih mengedepankan unsur kenyamanan mengetik.

Tombol-tombol keyboard ThinkPad sedari dulu memang dikenal paling empuk. TrackPoint warna merah yang legendaris itu juga masih ada di antara tombol huruf G, B dan H.

Laptop ThinkPad berjalan dengan sistem operasi Windows 7 Professional. Lenovo juga membawa fitur-fitur baru, seperti proses booting lebih cepat 40%, laptop dapat menyala kembali dalam waktu 2 detik dari posisi sleep, serta kualitas audio home theater Dolby.

Jikalau air menumpahi ThinkPad dan masuk dari sela tombol-tombol keyboard, pengguna tak perlu khawatir laptopnya akan rusak. Karena, ThinkPad dibekali saluran khusus yang bisa menampung dan membuang air itu.

Sayangnya, bobot laptop ThinkPad ini masih terbilang berat. Semuanya masih berbobot 2 kg ke atas. Faktor ini kurang mendukung mobilitas para profesional yang super sibuk.

Kendati demikian, desain kekar ThinkPad yang diwarisi dari IBM, diyakini Lenovo masih diminati para penggemarnya. Tahun ini, desain ThinkPad akan merayakan ulang tahun yang ke-20.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com