Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Raup Banyak Untung dari Ponsel Android

Kompas.com - 08/08/2012, 07:01 WIB

Aditya Panji/KOMPAS.comMicrosoft

KOMPAS.com - Microsoft belum mendapat banyak untung dari penjualan smartphone bersistem operasi Windows Phone. Meski demikian, dalam bisnis smartphone, Microsoft masih meraup banyak untung dari royalti paten yang dibayar produsen perangkat Android.

Menurut lembaga analisa keuangan dan saham Trefis, Microsoft memiliki sejumlah kesepakatan lisensi dengan produsen Android yang sukses menjual jutaan perangkat setiap kuartalnya. Transaksi ini membuahkan banyak untung bagi Microsoft.

Trefis memprediksi, royalti yang dibayarkan Samsung dan HTC mencapai 792 juta dollar AS pada kuartal dua tahun 2012.

Masih menurut data Trefis, HTC membayar 10 dollar AS kepada Microsoft untuk setiap perangkat Android yang terjual. Sedangkan Samsung, yang kuartal dua ini berhasil mengapalkan 52 juta unit smartphone, membayar royalti sekitar 12 sampai 13 dollar AS untuk setiap produk yang terjual.

Pendapat Microsoft dari royalti paten Android jauh lebih besar ketimbang penjualan Windows Phone. Prediksi perusahaan riset pasar Canalys, menyebut, hanya 5,1 juta unit Windows Phone yang dikapalkan seluruh mitra kerja Microsoft untuk Windows Phone.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com