Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Andalan Kurang Laku, Pendapatan HTC Menurun

Kompas.com - 08/08/2012, 10:30 WIB

htc Tiga ponsel HTC One, dari kiri ke kanan: HTC One S, HTC One X dan HTC One V

 

KOMPAS.com - Pabrikan smartphone asal Taiwan, HTC, hari Senin (6/8/2012) kemarin melaporkan penurunan pendapatan year-over-year untuk bulan Juli sebesar 45 persen. 

Bulan Juli tahun lalu HTC membukukan pendapatan 45,11 miliar dollar Taiwan, pada bulan yang sama tahun ini hanya 25 miliar dollar Taiwan.

Penurunan pendapatan itu disinyalir disebabkan oleh permintaan yang rendah terhadap lini smartphone "One" yang menjadi andalan HTC.

Laba HTC turun hampir 60 persen pada kuartal kedua tahun ini, menurut laporan yang dipublikasikan HTC pada awal Juli.

Minggu lalu, HTC juga telah mengumumkan bahwa tren penurunan ini akan terus berlanjut seiring dengan naiknya popularitas Samsung Galaxy S III yang menjadi pesaing produk-produk HTC.

Peluncuran iPhone generasi kelima dari Apple yang dijadwalkan pada bulan September mendatang diperkirakan akan semakin memperburuk keadaan.

HTC mengatakan bahwa pihaknya akan memfokuskan upaya pada sesedikit mungkin varian perangkat. Akan tetapi, HTC masih harus membagi perhatian pada tiga produk andalan dari seri One, sementara lawannya, Samsung, hanya perlu berkonsentrasi pada satu produk, yaitu Galaxy S III.

Akhir Juli kemarin HTC menutup kantornya di Seoul, Korea Selatan, menyusul hasil penjualan handset yang buruk di negara itu. Pasar handset di Korea Selatan didominiasi oleh pemain-pemain lokal seperti Samsung, LG, dan Pantech yang mendominasi 90 persen pasar.

HTC juga berencana keluar dari pasar ponsel di Brazil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com